Login Implementation Using Node.Js in Android App

Rizky Noviandi
pie-o
Published in
2 min readMay 3, 2017

Halo semua!

Pada kesempatan kali ini, saya akan berbagi pengalaman saya dalam mengimplementasikan login dalam aplikasi Android. Mulai dari membuat api hingga membuat integrasi pada aplikasi androidnya.

Step 1: Membuat API

Pertama-tama kita harus membuat api ke server, yang akan mengecek apakah data username dan password sudah ada di server (Sama seperti blog saya sebelumnya). Untuk itu saya menggunakan method POST supaya mengirimkan username dan password ke server. Lalu, menggunakan fungsi login untuk authentication.

Method POST pada server.js:

Fungsi login:

Step 2: Melakukan Integrasi pada aplikasi android

Pada tahap ini, kita akan melakukan enkripsi terhadap username dan password menggunakan Basic-auth. Pertama saya membuat class User untuk membuat objek user.

Langkah selanjutnya saya membuat sebuah fungsi login yang akan melakukan enkripsi Basic-auth terhadap username dan password user pada LoginActivity.class.

Kemudian, untuk menghandle response dari server, saya membuat fungsi sebagai berikut:

Dan selesai! Fitur login berhasil dibuat. Terima kasih sudah mau mengunjungi blog kami :)

--

--