Login session and change password (API) and Javadoc generator

Rizky Noviandi
pie-o
Published in
3 min readMay 18, 2017

Halo teman-teman!

Kali ini saya akan berbagi pengetahuan lagi mengenai user story yang saya buat. Sebelumnya saya telah membuat login, dan kali ini saya akan menjelaskan bagaimana membuat session pada login.

Membuat Session Manager

Session Manager merupakan sebuah class manager untuk menangani kasus session. Beberapa fungsi yang ada, adalah untuk

  1. Inisialisasi Session Manager:

2. Membuat Session:

3. Memeriksa status login:

4. Mengambil informasi mengenai obyek user:

5. Logout user:

Lalu, agar session tersebut dapat bekerja saya harus membuat obyek session manager terlebih dahulu pada LoginActivity dengan memasukan informasi user yang sedang login.

Menginisialisasi obyek session manager
Membuat login session berdasarkan user yang login

Lalu, untuk memastikan bahwa user masih bisa login maka perlu dicek disetiap activity dengan menggunakan fungsi cek status login.

cek status login

Untuk dapat mengambil informasi mengenai user yang sedang login, menggunakan fungsi berikut:

get kodeStaff info from user

Lalu agar user dapat logout maka hanya perlu menambahkan fungsi berikut:

logout user

Kira-kira seperti itu lah cara untuk membuat login session. Cukup mudah bukan? Selanjutnya saya akan melanjutkan user story saya yang kedua yaitu mengganti password. Namun kali ini, saya baru membuat APInya terlebih dahulu.

  1. Membuat fungsi reset password:

Fungsi tersebut membutuhkan parameter kodeStaff, password lama, dan password baru. Pertama-tama akan mencari kodeStaffnya terlebih dahulu di database. Kemudian jika ada akan dibandingkan password di database dengan password lama yang dimasukan user. Jika sama maka password baru akan di encrypt menggunakan bcrypt lalu akan disimpan di database.

2. API

Lalu, untuk membuat javadoc di Android, cukup dengan mengikuti langkah berikut:

  1. Tool -> Generete javadoc
  2. Pilih apa output yang diinginkan
  3. Pilih output dir dan selesai!

Kira-kira itu lah ilmu yang telah saya pelajari di sprint 3 ini. Kedepannya saya akan menyelesaikan user story mengenai ubah password dan off notifikasi. Semoga ilmu yang saya bagikan ini bermanfaat untuk teman-teman semua. Terima kasih telah membaca blog saya :)

--

--