Play with Android Studio & GIT

Muhammad Sabiq Danurrohma
pie-o
Published in
2 min readMar 8, 2017

fun with git

Hi Fellas…

Perkenalkan saya Muhammad Sabiq Danurrohman anggota dari kelompok Pie-O. Sebelum masuk ke materi Play with Android Studio & GIT saya akan merekap selama seminggu ini apa yang telah saya lakukan. Ketika kelompok saya sudah menentukan untuk menggunakan mongoDB, mas wawan perwakilan partner RUMA mengusulkan untuk menggunakan firebase. Akhirnya saya melakukan riset mengenai kedua database tersebut, hasilnya adalah kelompok kita tetap menggunakan mongoDB. Selanjutnya dikarenakan kelompok kita benar-benar tidak mengerti dan tidak pernah mendengar istilah ‘heroku’ dan ‘crashlytic’ akhirnya saya melakukan riset kembali mengenai hal tersebut, sehingga saya bisa simpulkan bahwa environment develop yang akan kelompok kami gunakan yaitu heroku sebagai server, mongoDB sebagai databasenya, crashlytic sebagai builder, android studio sebagai tools develop, dan gitlab sebagai version control. Cara kerja kelima hal diatas yaitu tim kami melakukan coding di android studio yang seiring berjalannya waktu masing-masing individu akan melakukan sinkronisasi file yang ada di gitlab. Selanjutnya melakukan riset dan eksperimen mengenai android studio dan crashlytic.

Sharing Knowledge Session

Bagaimana cara mendevelop suatu android apps menggunakan android studio dan version control yang pada kasus ini adalah gitlab?

  1. Menghubungkan gitlab dengan file local

git remote add origin git@github.com:username/new_repo

touch README.md

git push -u origin master

git clone [link]

2. Membuat branch untuk proses development

git branch [nama_branch]

git checkout [nama_branch]

3. Mengupload code yang telah kita kerjakan ke branch kita

git add [nama_file]

git commit -m "[message]"

git push origin [nama_branch]

4. Melakukan sinkronisasi branch kita dengan master

  • sebelum melakukan push, lakukan terlebih dahulu pull master

git pull master/[nama_branch]

  • Jika terjadi conflict, lakukan pembenaran terlebih dahulu pada local. Setelah membetulkan conflict kemudian

git merge origin master/[nama_branch]

git push origin master/[nama_branch]

Segitu saja sharing ilmu dari saya, selamat mencoba.

--

--