Push Notification Android

Norma Puspitasari
pie-o
Published in
2 min readApr 20, 2017
Gambar dari code tutplus

Kemarin saya di assign untuk user story notifikasi. Jadi, langsunglah saya mencari-cari “how to create push notification android” di google.

Saya pun menemukan tutorial yang cukup banyak penjelasannya, yaitu dibawah ini.

Menurut saya, langkah-langkah disana sudah sangat jelas. Tinggal bagaimana kita kustomisasi isi dari notifikasi sesuai kebutuhan.

Adapun, saya sudah melakukan setup google cloud messaging dan membuat class-class listener notification di android studio. Untuk script backend-nya, saya sedang berusaha untuk translate ke nodejs karena disitu masih menggunakan python dan tentunya mencari-cari di google juga script nodejs nya hehe. Selain itu, karena isi notifikasi masih hardcode, task saya selanjutnya adalah bagaimana menghubungkan notifikasi tersebut dengan database (cara mengecek jika ada data baru di database).

Sempat mengalami error ketika memasukan gcm service ke dependency di app/build.gradle pada baris ini.

'com.android.support:appcompat-v7:25.3.1'

Karena ada crash version dengan mediarouter-v7:23.0.0, padahal saya tidak menggunakan mediarouter… alhasil untuk menghilangkan error tsb, di include lah mediarouter ke dalam dependency.

'com.android.support:mediarouter-v7:25.3.1'

Namun, entah kenapa masih belum berhasil menerima push notificationnya dan aplikasi unfortunately has stopped ;_;

Selanjutnya, akan dicari masalahnya kenapa seperti itu dan lanjut ke solusinya. Selain itu, diintegrasi dengan mlab (agar jika ada data baru langsung muncul notifikasi).

Sekian!

--

--

Norma Puspitasari
pie-o
Editor for

A software engineer with a keen interest in writing and data science, who also enjoys baking and video editing on weekends.