What is Data Migration?

Rizky Noviandi
pie-o
Published in
2 min readMar 22, 2017

Halo kengkawan!

Sudah lama saya tidak menulis blog, dikarenakan satu dan lain hal (alias tugas kuliah yang never ending (sad)). Tapi jangan khawatir karena disini saya akan tetap berbagi ilmu yang telah saya pelajari di minggu kemarin.

Kali ini saya akan berbagi ilmu mengenai Data Migration. Untuk orang awam seperti saya, pasti istilah tersebut masih asing untuk didengar. Namun untuk mempermudah, ide dasarnya adalah sebagai berikut: Software dibuat dengan tujuan untuk menggantikan proses manual yang selama ini terjadi, menjadi suatu proses yang otomatis, atau melakukan penambahan program atas program yang ada. Jenis manapun dari pengembangan software tersebut di atas harus melalui tahap yang dinamakan Data Migration atau Migrasi Data.

Oleh karena itu, Untuk pelaksanaan data migration, beberapa hal harus dipersiapkan yaitu:

  1. Penyiapan existing data yang digunakan secara manual atau yang digunakan oleh sistem yang lama (json file)
  2. Pembuatan script untuk melakukan one time migration dimana data yang lama akan diupload ke sistem baru dengan menggunakan script migrasi tersebut (script js).
  3. Selain itu yang harus disiapkan adalah cut off dimana data migration akan dilakukan, pemberitahuan ke seluruh pengguna sistem lama kapan cut off data akan dilakukan dan berapa lama sistem akan off, pembuatan panduan step by step dalam melakukan migrasi data, dan terakhir adalah pembuatan Fall Back Plan dimana bila proses migrasi ini gagal, maka data lama akan dikembalikan lagi ke enviroment production, sistem baru diangkat kembali dan sistem lama di kembalikan lagi.

Setelah semua data terbukti berhasil dimigrasikan dan user sudah melakukan final cek atas data hasil migrasi di sistem baru, maka migrasi data selesai dilakukan.

Kira-kira itulah definisi dari Data Migration. Setelah itu, saya melakukan browsing mengenai cara untuk melakukan data migration. Ternyata ada sebuah framework untuk mempermudah melakukan hal tersebut. Saya menemukannya pada link ini.

Mungkin sampai sini dulu untuk blog kali ini. Selanjutnya saya akan mencoba mengimplementasikan mongoose-migrate untuk proses data migration.

Terima kasih sudah mau menyempatkan untuk membaca!

Sampai bertemu lagi di blog saya selanjutnya!

--

--