Jodoh yang Tak Terduga

Noviastri
Plano16-C
Published in
2 min readJul 16, 2017

Noviastri
19916145

Keindahan kota adalah salah satu alasan kita untuk ingin pulang dan menikmati keindahannya. Kenyamanan dan ketertiban kota menjadi salah satu alasannya. Namun berbagai masalah perkotaan timbul dikarenakan beberapa perencanaan dan pembangunan yang tidak jelas. Meskipun pembangunan banyak dilakukan namun mereka tidak menggunakan konsep pembangunan yang berwawasan lingkungan serta melakukan pembangunannya didasari tanpa adanya sebuah perencanaan sehingga kota pun menjadi tidak teratur bahkan tak menarik.

Perjalanan saya untuk sampai di Jurusan ini tidaklah mudah dan hampir saja saya menyerah. Berawal dari ketertarikan saya pada Jurusan PWK di ITB, saya memberanikan diri untuk mendaftar jurusan tersebut melalui jalur SNMPTN. Dan alhamdulillah ternyata jodoh saya di sini. Namun sebelumnya saya sama sekali tidak ada niatan untuk masuk planologi ITB, karena sejak sma tak pernah terlintas sedikit pun untuk saya masuk ITB.
Sejak SMA saya mengikuti les untuk masuk STAN namun saat ada program SNMPTN saya ditawari oleh guru bk saya untuk mengikutinya jujur di situ saya bingung karena sebelumnya saya tak terlintas atau punya rencana untuk kuliah di universitas. Akhirnya saya melakukan beberapa kali konsultasi akhirnya saya memilih fakultas SAPPK di ITB sebagai pilihan pertama saya.

Perencanaan Wilayah dan Kota atau planologi, tak banyak orang tahu mengenai program studi tersebut. Padahal sesungguhnya jurusan ini lah yang memegang peran besar akan berkembangnya suatu daerah atau perkotaan. Banyak orang masih menganggap remeh program studi ini karena mereka pikir lulusan dari program studi ini susah untuk mendapatkan pekerjaan. Tetapi tidak bagi saya, justru kuliah di Teknik PWK ini merupakan suatu kebanggaan yang sangat besar bagi saya. Banyak hal yang nantinya bisa saya pelajari yang tentunya akan bermanfaat bagi banyak orang. Lulusan PWK dituntut untuk menjadi seorang perencana yang bijaksana dan pengambil keputusan yang tepat. Karena tentunya setiap rencana yang disetujui oleh pemerintah nanti pembangunannya akan berdampak bagi banyak orang.
Selain itu ada hal lain yang membuat saya tertarik untuk memilih program studi ini. Karena saya sangat susah untuk menguasai mata pelajaran yang berhubungan dengan hitung-hitungan jadi saya memilih program studi ini karena saya anggap hitung-hitungannya akan sangat sedikit dan ternyata benar.

Dari beberapa tujuan jangka pendek mengapa saya memilih planologi tadi, tentunya ada tujuan jangka panjang kenapa saya memilih program studi ini. Saya bercita-cita ingin menjadi seorang pemimpin suatu daerah kelak. Hal itu tentunya membutuhkan modal yang besar, dan modal tersebut tidak hanya berupa materi. Selain itu saya sangat senang dalam hal politik. Modal itu berusaha saya dapatkan dari kuliah di Jurusan Planologi ini. Di program studi ini akan diajarkan bagaimana cara menata kota yang baik dan benar dengan memperhatikan kelestarian lingkungan sekitar. Dengan begitu saya dapat menata suatau kota atau daerah dengan baik dan nyaman tidak kalah dengan perkotaan yang ada di luar negeri sehingga kita akan nyaman untuk tinggal di kota itu. Karena hal yang kita pelajari adalah hal secara makro sebuah kota, yaitu berupa ekonomi, sosial, budaya, pendidikan, lingkungan, politik dan lain-lain. Oleh karena itu banyak bidang yang dapat saya pelajari dan mewujudkan impian saya.

--

--