Pandangan Umum tentang Jurusan Planologi

Jika berbicara mengenai bidang keprofesian, tentu ada kebanggaan tersendiri bagi tiap orang yang berhasil mendapatkan jurusan terbaik di perguruan tinggi terbaik pula, yang kemudian akan mengantarkannya pada sebuah tujuan profesi, yang bisa disebut sebagai “cita-cita”.

Siapa yang tak mengenal pendidikan kedokteran, pendidikan guru, psikologi, ilmu pasti (MIPA), arsitektur, teknik, perpajakan, bisnis, ekonomi, ilmu teknologi dan jurusan-jurusan terkenal lainnya, yang tak pernah sepi peminat tiap tahunnya? Bahkan cita-cita masa kecil tak jauh dari keinginan untuk menjadi dokter, insinyur, peneliti, atau arsitek. Memang, itu juga tidak lepas dari begitu dibutuhkannya jurusan-jurusan tersebut untuk berbagai jenis pekerjaan yang tersedia.

Bagaimana dengan jurusan bernama Planologi atau Perencanaan Wilayah dan Kota (PWK)? Sebelum jurusan ini diubah namanya menjadi PWK, tidak jarang orang umum mengartikan bahwa jurusan ini mempelajari ilmu tentang tanaman.

Lalu, sama halnya dengan mahasiswa jurusan ini ataupun yang telah menjadi alumni, rasa kebanggaan pun ingin ditunjukkan pada semua orang; bangga membawa almamater perguruan tinggi, bangga pula dengan gelar sarjana yang disandang.

Menilik dari pengalaman pribadi, setiap pertanyaan “Masuk jurusan mana?” terlontarkan, jawaban “Di planologi atau PWK” akan memberikan respon dan kesan yang unik dan berbeda dibanding jurusan-jurusan lainnya. Hal ini bisa dilihat dari bagaimana awalnya mereka akan menunjukan rasa terkesima yang kemudian akan dilanjutkan dengan wajah penuh tanya. Tidak jarang pula nama jurusan yang kurang familiar ini membuat tidak sedikit orang memandang sebelah mata mahasiwa yang masuk dalam jurusan ini.

Jujur saja, itu terkadang membuat sebagian mahasiswa merasa rendah diri dan tidak sedikit pula yang menganggap remeh jurusan ini. Aku, sebagai salah satu mahasiswa jurusan planologi, ingin setidaknya memberikan gambaran kecil tentang apa itu Planologi.

Planologi merupakan ilmu yang akan mendalami sebuah perkotaan atau wilayah beserta unsur-unsurnya yang kemudian akan dipakai untuk membuat perencaan yang tepat dalam berbagai hal sehingga tak bisa disangkal kalau jurusan ini akan mempelajari ilmu-ilmu yang sangat kompleks dan dasar-dasar yang didapatkan pun bisa bermacam-macam, sesuai perguruan tinggi yang mengadakannya. Ada yang lebih menjurus ke arah teknik, ada pula yang menjurus ke arah perancangan.

Mahasiswa planologi akan selalu ditumbuhkan rasa berpikir kritis dan solutif, bertutur halus dan percaya diri, bertindak logis dan rasional, juga berperilaku sosial dan fleksibel. Ya, karakter kami dibentuk dengan perpaduan rasa dan warna dari berbagai bidang keilmuan lainnya. Itulah yang membedakan kami dengan jurusan yang lain. Itulah salah satu kebanggan kami.

Kebanggan lainnya adalah bagaimana sangat dibutuhkannya orang-orang berwawasan luas sehingga mampu membuat perencanaan untuk sebuah kota atau wilayah, kebijakan-kebijakan yang dipengaruhi oleh banyak aspek dan kepala-kepala yang mendiaminya dan bagaimana keseharian mereka.

Perkenalkan diri kami, calon-calon planner di masa depan, akan mengabdikan diri untuk bangsa dan negara Indonesia.