Badminton dan emas olimpiade

Selain sepakbola, ada olahraga lain yang terkenal dan sangat erat dengan masyarakat Indonesia, olahraga itu adalah badminton. Di saat prestasi sepakbola Indonesia yang cenderung pasang surut, justru badminton lah yang dari dulu selalu konsisten menjadi kebanggan Indonesia dan berprestasi di berbagai kejuaraan. Badminton Indonesia seakan tidak pernah berhenti menelurkan bibit-bibit unggul dari mulai era Rudy Hartono, Liem Swie King, Alan Budikusuma, Taufik Hidayat, hingga saat ini Sony Santoso. Berbagai kejuaraan telah dimenangi oleh Indonesia, menjadikan Indonesia salah satu raksasa badminton di dunia di samping Tiongkok.

Satu kejuaraan yang selalu menjadi lumbung Indonesia menuai prestasi adalah olimpiade. Sejak dimasukanya badminton menjadi olahraga percobaan di olimpiade 1972 di Munich hingga menjadi olahraga resmi pada tahun 1992 di Barcelona, atlet Indonesia hampir selalu berhasil meraih emas kecuali pada olimpiade 2012 di London 4 tahun yang lalu. Nama-nama seperti Rudy Hartono di tahun 1972, Rudy Hartono dan Susi Susanti di tahun 1992, pasangan Ricky Subagja dan Rexy Mainaky di tahun 1996, pasangan Tony Gunawan dan Candra Wijaya di tahun 2002, Taufik Hidayat di tahun 2004, pasangan Markis Kido dan Hendra Siswanto di tahun 2008, lalu sempat vakum di tahun 2012 dan terakhir kemarin pasangan campuran Tontowi Ahmad dan Lilyana Natsir di Olimpiade Rio 2016 berhasil meraih emas olimpiade sekaligus mengharumkan nama Indonesia dan mengumandangkan lagu Indonesia Raya di hadapan negara-negara lain di Olimpiade.

Di balik pasang surutnya prestasi di kancah persepakbolaan Indonesia, badminton hadir sebagai pelipur rara dan juga jaminan kebanggan lewat prestasi-prestasinya yang luar biasa. Prestasi badminton indonesia yang dilihat hingga 30 tahun kebelakang yang seperti tidak pernah usai diharapkan dapat terus berlanjut hingga 30 atau berpuluh-puluh tahun lamanya. Semoga Indonesia dapat terus menjadi raksasa di kancah badminton dunia dan nama Indonesia dapat terus harum dibawah panji para atlit Badminton Indonesia. Dan juga keserasian antara badminton Indonesia dengan emas olimpiade terus awet berlanjut hingga olimpiade-olimpiade yang akan datang