E-Sports di Indonesia

E-sports atau electronic sports merupakan kompetisi video game tertentu. Sebagai contoh adalah: Dota 2, LoL, CS. Kompetisi ini tidak ada bedanya dengan kompetisi olahraga biasa, dimana terdapat team dengan pemain-pemainnya, seorang kapten, dan manager. Team dalam e-sports ini biasanya merupakan sebuah orginasasi tertentu dimana mereka memiliki beberapa pemain untuk video game yang berbeda. Disini saya akan menjelaskan tentang perkembangan e-sports di Indonesia.

Dulu sekitar tahun 2000, Indonesia merupakan salah satu negara yang ditakuti dalam kompetisi dota. Salah team andalannya adalah team XcN atau executioner. Tim mampu berlaga dalam tingkat internasional dengan prestasi yang sangat baik. Setelah itu direkrut oleh organisasi internasional bernama fnatic untuk bermain dibawah nama fnatic.

Team XcN Indonesia

Perkembangan e-Sports di Indonesia menurut saya cukup pesat. Dari banyaknya turnamen dengan hadiah kecil sampai turnamen dengan hadiah besar. Indonesia juga memiliki organisasi e-sport yang resmi bernama IesPa (Indonesian E-sports Association) yang bergerak untuk mengembangkan e-sports di Indonesia.

Saya berharap perkembangan e-Sports di Indonesia dapat mencapai tingkat yang lebih tinggi baik dari segi kompetisi maupun segi kualitas teamnya.

Kompetisi Dota di Manilla
Team Dota-2 yang dimana saya pernah aktif pada taun 2012