Perbedaan

Dunia ini penuh dengan perbedaan dan perbedaan itu lah yang membuat dunia ini ada.

Mari kita ambil dari hal kecil dan tidak penting terlebih dahulu, perbedaan warna. Bayangkan saja tanpa perbedaan warna tidak mungkin nampak benda-benda sekitar ataupun orang-orang disekitar kita dan yang tampak hanya keseluruhan warna putih atau hitam atau warna lainnya. Dari contoh kecil dan tidak penting itu harusnya kita tau bahwa perbedaan itu memang dibutuhkan.

Apa yang membuat kita berbeda? Suku? Bangsa? Bahasa? Agama? Banyak hal yang membedakan satu individu dengan individu lainnya dan perbedaan itu yang membuat sesuatu menjadi indah. Perbedaan itu indah dan perbedaan adalah alat pemersatu yang utama. Tanpa perbedaan kita tidak akan pernah bersatu karena tanpa perbedaan tidak ada hal yang bisa disatukan.

Sudah sepatutnya kita menerima semua perbedaan yang ada. Di zaman yang semakin modern ini perbedaan menjadi hal yang lumrah. Dari perbedaan bisa didapatkan hal-hal positif seperti pemikiran dan pandangan baru yang tidak bisa didapatkan dari seseorang yang “sama”.

Hanya sebuah harapan di balik tulisan sederhana ini, tidak adanya perilaku membeda-bedakan. Baik itu suku, ras, ataupun agama. Tidak selamanya perbedaan itu menyakitkan. Perbedaan itu indah, apalagi ketika perbedaan itu dipersatukan. Kini sudah saatnya membuka pikiran dan jangan pernah takut akan perbedaan karena di balik ketakutan itu ada hal yang lebih indah yaitu bersatu.

One clap, two clap, three clap, forty?

By clapping more or less, you can signal to us which stories really stand out.