Perencanaan dalam Pementasan

Sumber: img.antaranews.com
  1. Menentukan Sumber Dana. Dana dapat diibaratkan sebagai nyawa dari keberlangsungan suatu acara. Maka dari itu masalah dana perlu dipersiapkan secara matang dalam jangka waktu yang lama, agar keberlangsungan suatu pementasan dapat berjalan dengan lancar. Namun disamping itu juga perlu memperhatikan jumlah dan sumber dana tersebut, serta tujuan dari dana yang akan dikeluarkan.
  2. Menentukan Waktu dan Tempat Pementasan. Ada beberapa opsi dalam pemilihan tempat pementasan, bisa indoor maupun outdoor tergantung kepada keperluan pementasan. Namun dalam penentuan waktu dan tempat pementasan itu tidak bisa secara singkat karena akan diperlukan berbagai perizinan, maka dari itu waktu dan tempat pementasan haruslah dipersiapkan secara matang.

Seluruh rencana harus dipersiapkan secara matang, jangan sampai kesalahan sekecil apapun merusak pementasan. Perlu diingat, keamanan juga merupakan faktor yang perlu diperhatikan saat berlangsungnya pementasan. Singkatnya, perencanaan dalam pementasan itu perlu memperhatikan berbagai hal yang menyangkut persiapan, keberlangsungan, serta kesudahan dari pementasan tersebut.

Adelina Kristin Sinabariba

Planologi ITB 2015

Like what you read? Give Adelina Kristin S a round of applause.

From a quick cheer to a standing ovation, clap to show how much you enjoyed this story.