Upacara Bendera Kemerdekaan Republik Indonesia terindah

Setiap tahunnya tanggal 17 Agustus menjadi hal yang sangat spesial untuk negara ini, Indonesia. Tanggal 17 Agustus 1945 merupakan hari dimana Indonesia merdeka dari jajahan Jepang. Hingga akhirnya setelah proklamasi, setiap tanggal 17 Agustus diperingati sebagai hari lahirnya bangsa Indonesia.

Tanggal 17 Agustus 1945 proklamator bangsa Indonesia, Soekarno dan Hatta memproklamasikan kemerdekaan bangsa Indonesia. Pukul 08.00 pagi, di Jalan Pegangsaan Timur No. 56, Jakarta (sekarang Jalan Proklamasi). Pada waktu itu, dilakukan upacara bendera merah putih, dan pembacaan teks proklamasi oleh presiden pertama Indonesia Ir. Soekarno. Proklamasi ini dibacakan dengan seksama dan hikmat.

Melihat dari isi teks proklamasi, dapat dilihat bahwa teks proklamasi ini memiliki makna yang sangat dalam. Berikut isi dari teks proklamasi;

“Kami bangsa Indonesia dengan ini menjatakan kemerdekaan Indonesia.Hal-hal jang mengenai pemindahan kekoeasaan d.l.l., diselenggarakandengan tjara saksama dan dalam tempo jang sesingkat-singkatnja. Djakarta, hari 17 boelan 8 tahoen 05Atas nama bangsa Indonesia.Soekarno/Hatta.”

Setiap tahunnya upacara bendera dilakukan di Istana di Jalan Merdeka, Jakarta. Namun yang menghadiri upacara ini hanya pejabat dan para petinggi negara. Padahal banyak rakyat Indonesia yang ingin merasakan bagaimana rasanya melakukan upacara bendera kemerdekaan Indonesia di Istana Negara, Jalan Merdeka, Jakarta. Kondisi ini terjadi selama bertahun-tahun.

Banyak pejuang kemerdekaan bangsa Indonesia yang sudah entah berada dimana, entah bagaimana nasibnya. Mereka tidak bisa lagi hormat kepada merah putih yang dulu mereka perjuangkan. Sungguh miris bukan? Mereka dianggap bukan siapa-siapa, padahal merekalah yang memperjuangkan apa yang kita nikmati sekarang.

17 Agustus 2016 hal yang luar biasa terjadi. Dibawah kepemimpinan Presiden Joko Widodo, upacara kemerdekaan Republik Indonesia menjadi hal yang sangat indah dan menarik. Hikmah yang dapat diambil pun semakin banyak dari rangkaian upacara kemerdekaan kemarin. dapat dilihat bahwa perayaan kemerdekaan ini bukan hanya formalitas, melainkan pesta untuk seluruh rakyat Indonesia.

Sebelumnya rangkaian upacara kemerdekaan sangat monoton. Namun 2016 ini spesial, terdapat pementasan tari tradisional, pementasan kostum daerah, aksi dari TNI AU, dan masih banyak lagi. Semua menjadi menarik, dan hikmat. Masyarakat pun tidak hanya sekedar menonton, tapi benar-benar merasakan dan melihat apa itu Indonesia yang sebenarnya.

Teknologi yang digunakan pun tidak main-main. Upacara kemerdekaan kali ini memakai teknologi video 360 derajat. Dengan menggunakan teknologi yang super canggih ini, seluruh rakyat Indonesia dapat menyaksikan secara live dan dengan pemandangan 360 derajat melalui komputer, dan telepon pintar. Hal ini bertujuan agar seluruh rakyat Indonesia dapat merasakan sensasi secara visual dan audio upacara kemerdekaan di Istana Negara tanpa harus datang langsung.

Kemudian yang hadir di upacara kemerdakaan kali ini juga bukan hanya pejabat-pejabat negara saja, melainkan para perjuang-pejuang yang tadinya ditelantarkan, dan sekarang sudah mulai dihargai dan diperhatikan. Selain itu juga pejuang pengharum nama bangsa Indonesia seperti atlit Indonesia, dan olimpian Indonesia.

Semakin menarik dengan diundangnya beberapa seniman. Pementasan musik oleh penyanyi-penyanyi terkenal Indonesia juga membuat upacara kemerdekaan kali ini menjadi luar biasa menarik. Serta, diundang pula beberapa rakyat yang beruntung langsung oleh pihak istana negara. Betapa luar biasanya upacara kali ini, benar-benar pesta untuk bangsa kita.

Apresiasi yang sangat besar dapat terlihat di media-media sosial. kegembiraan digambarkan di media sosial dan media-media massa. Semoga kedepannya upacara kemerdakaan yang sakral dan sebagai kebahagian untuk masyarakat Indonesia ini dapat berjalan dan berkembang kedepannya. Terima Kasih Bapak Presiden Joko Widodo, dan Bapak Jusuf Kalla atas upacara kemerdekaan yang Indah ini. Semoga kinerja bapak presiden dan wakil, menteri-menteri, dan para anggota legislatif dapat terus membaik, dan membawakan kebahagian bagi kami rakyat Indonesia seperti upacara kemerdekaan 17 Agustus 2016 kemarin.

Like what you read? Give Aldio Oekon a round of applause.

From a quick cheer to a standing ovation, clap to show how much you enjoyed this story.