1st Contribution : Add Linked In URL on Profile Page

Aldo Bima
PMPL (Class Project Contribution)
2 min readOct 5, 2019

Project apa yang dikerjakan?

Halaman Login Kanal Akses Pendaftaran KP Elektronik

Projek yang dimai KAPE ini merupakan projek yang dibuat oleh Fasilkom UI. Projek ini bertujuan untuk membuat platform pencarian kerja praktik yang dapat menghubungkan antara pencari dan penyelia kerja praktik. Terdapat 2 role yang dapat mengunakan platform ini, yaitu pencari kerja praktik (mahasiswa) dan juga penyelia (perusahaan).

Projek ini hanya memiliki fitur sederhana saja dan masih belum rampung seutuhnya. Masih terdapat beberapa bug yang ditemukan dan juga fungsionalitas yang masih kurang. Maka dari itu saya bertugas untuk melakukan kontribusi untuk memperbaiki projek ini dan menerapkan ilmu yang saya pelajari pada mata kuliah penjaminan mutu perangkat lunak.

Kontribusi yang dilakukan

Secara umum terdapat 2 kontribusi yang dapat dilakukan yaitu memperbaiki bug dan juga penambahan fitur. Pada kontribusi pertama, saya mempertimbangkan untuk menambah fitur pada platform. Pada laman KP, menurut saya informasi mengenai mahasiswa masih belum lengkap. Maka dari itu perlu adanya cara untuk menambah kelengkapan informasi mahasiswa agar dijadikan pertimbangan penerimaan lamaran kerja praktik.

LinkedIn merupakan platform sosial media yang sering digunakan pada proses pencarian atau penerimaan kerja. Terdapa banyak informasi yang dapat melengkapi informasi pada profil mahasiswa pada wesite KAPE. Maka dari itu saya memutuskan untuk meakukan penambahan informasi URL LinkedIn pada profil mahasiswa. Selain itu juga ditambahkan kolom edit URL Linked ini pada bagian edit profil.

Halaman profil setelah penambahan fitur

Penerapan Software Quality Assurance

Hal pertama yang terbesit di pikiran saya dalam menerapan penerapan Software Quality Assurance adalah Test Driven Development (TDD). Apa yang saya lakukan dalam penerapan TDD? tentu saja menerapkan TDD cycle yaitu RED, GREEN, Refactor.

Hal pertama yang saya lakukan adalah membuat test sesuai dengan requirements yang diinginkan. Fitur yang ingin dikerjakan adalah penambahan informasi URL LinkedIn. Tentunya terdapat pula fitur untuk melakukan edit profil terkait informasi tersebut. Maka dari itu saya membuat test terhadap fungsionalitas edit profile apabila diberikan request yang berisikan url yang valid maka backend akan mengembalikan status code 200 dan field pada model terupdate. Selain itu saya juga membuat test apabila request berisi url yang invalid maka backend akan mengembalikan status code 400.

--

--