2nd Contribution : Add IPK Field Validator

Aldo Bima
PMPL (Class Project Contribution)
2 min readDec 5, 2019

Kontribusi yang dilakukan

Pada halaman profil mahasiswa terdapat berbagai macam informasi terkait dengan mahasiswa seperti misalnya nama lengkap, URL linked in, tahun masuk, dan lain-lain. Salah satu informasi lainnya adalah terkait IPK mahasiswa. Umumnya di indonesia IPK merupakan suatu ukuran nilai mahasiswa yang dibatai pada range 0–4. Namun pada versi sebelumnya (sebelum saya melakukan kontribusi) user dapat memasukkan nilai dibawah 0 dan di atas 4. Tentunya hal ini dapat membingungkan perusahaan apabila ada user yang iseng ataupun salah input. Maka dari itu saya membuat fitur valdiasi tersebut.

Penerapan Software Quality Assurance

Seperti biasanya saya menerapkan TDD dalam saya melakukan pengembangan fitur ini. Saya pertama-tama membuat unit test dahulu. Unit test dilakukan dengna 2 skenario yaitu request edit field IPK yang valid dan yang tidak valid. Pada skenario yang valid saya menggunakan case apabila dimasukkan angka 4. Dengan menggunakan angka 4 maka hal ini dapat membunuh mutant apabila operatornya diganti. Selain itu untuk contoh yang tidak valid saya membuat skenario apabila memasukkan angka 5.Apabila input tidak valid maka akan mengembalikan status code 400 sedangakan apaila valid akan mengembaliak status code 200.

kode implementasi yang dibuat sebagai berikut :

kode implementasi

Test case yang saya buat adalah 4 dan 8. kedua test case ini dapat membunuh mutant sebagai berikut :

  1. test case input 4 dapat membunuh mutant “if value < 0 or value ≥ 4”
  2. test case input 8 dapat membunuh mutant “if value < 0 or value <4”

--

--