Kenalan dengan Flowchart Yuk!

Mr. I
kasta
Published in
2 min readDec 10, 2017

Makassar, Irsyad — Bagi pelaku IT entah apapun itu sebutannya pasti tidak asing dengan flowchart. Flowchart atau dalam Bahasa Indonesianya bagan alir adalah diagram yang digunakan untuk menggambarkan, memvisualisasikan atau mepresentasikan suatu algoritma, alur kerja atau proses, yang menunjukan langkah dan hubungan antarbagian atau kejadian. Ada banyak tools yang dapat digunakan untuk membuat flowchart tapi saya paling sering menggunakan Edraw. Sebelumnya saya biasa menggunakan Microsoft Visio tapi pada Microsoft Visio saya tidak tahu gimana caranya membuat diagram Display.

Sebenarnya flowchart ada 4 jenis tapi saya tidak akan membahas keempat jenis tersebut. Karena pada blog ini saya akan menggunakan flowchart secara umum saja, tidak akan digunakan secara spesific. Pada beberapa artikel tutorial akan dibuatkan flowchart dan penjelasannya untuk memudahkan pembaca dan teman — teman developer mengenai sistem yang sedang dibuat. Nah berikut saya sajikan tabel mengenai nama, simbol, dan penjelasan flowchart.

NamaSimbolPenjelasanTerminal

Awal atau akhir dari flowchart.Proses

Menunjukan kegiatan proses dari operasi program komputer.Keputusan

Suatu penyeleksian kondisi di dalam programDokumen

Menunjukan dokumen input dan output baik untuk proses manual, mekanik atau komputer.Input/Output

Simbol input/output yang digunakan untuk mewakili data input/outputBasis Data

Menunjukan media penyimpanan dalam bentuk basis data atau databaseStored Data

Menunjukan input atau output menggunakan media penyimpanan eksternal seperti flashdisk, harddisk eksternalManual Input

Menunjukan input yang menggunakan on-line keyboardDisplay

Menunjukan output yang ditampilkan di monitorManual Operation

Menunjukan pekerjaan manual

Nah biasanya kan kalau membuat atau mendesign flowchart ada dua yang digambarkan, sistem yang sedang berjalan dan sistem yang diusulkan. Tips dari saya adalah saat membuat sistem yang sedang berjalan pasti akan banyak penggunaan simbol manual, seperti dokumen, manual input, manual operation, dan sebagainya. Sedangkan sistem yang akan diusulkan akan mengurangi penggunaan simbol tersebut. Kan kita akan mengubah sistem manual menjadi sistem otomatis. Eh penggunaan katanya kurang tepat. Kita akan mengubah sistem yang dikerjakan manusia menjadi sistem yang dikerjakan oleh komputer. Kata temen saya, Yao (Programmer Java dari Tiongkok), “Syad, do you believe that we build automatic system? Actually I don’t. We set and write syntax, so actually we did it all”. Ngakak gw denger omongannya.

--

--

Mr. I
kasta
Editor for

Code using various programming language commonly based on JVM (Java, Scala, Groovy) with DBMS (Oracle, PostgreSQL & MySQL)