Travel Around the World (Virtually), Through Books

Aditya Hadi Pratama
Podcast Buku Kutu
Published in
3 min readApr 29, 2020

Hi semua pendengar Podcast Buku Kutu,

Di tengah pandemi Covid-19 ini, istri gw tiba-tiba menceritakan keinginannya untuk jalan-jalan ke kota atau negara lain ketika kondisi telah kembali normal. Gw pun mengamini, meski belum tahu kapan kita harus tetap berada di rumah demi menekan penyebaran virus ini.

Namun, di saat yang sama, gw berpikir bukankah katanya buku itu jendela dunia? Lalu mengapa kita gak keliling dunia lewat buku saja?

Dari situlah akhirnya gw mempunyai ide untuk membuat: Around The World Reading Challenge

Begini konsepnya:

  • Gw mau melakukan perjalanan keliling dunia (virtual) dengan rute ala Backpacker. Jadi, gw gak akan tahu-tahu terbang dari Jakarta ke Amerika Serikat, tapi akan mulai dari keliling Asia Tenggara terlebih dahulu, kemudian dilanjutkan ke Asia, Afrika, Eropa, Amerika, Australia, lalu kembali lagi ke Jakarta.
  • Di setiap kota yang gw kunjungi, gw akan baca minimal satu buku karya penulis yang lahir di kota tersebut.
  • Review buku-buku tersebut nantinya akan gw publish di Podcast Buku Kutu.

Untuk rutenya, bisa kalian lihat di peta berikut:

Jakarta — Karachi
Tehran — Rabat
Azinhaga — Castlebar
Maine — Buenos Aires
Sydney — Jakarta

Peta lengkap bisa dilihat di sini. Rute di atas bisa bertambah atau berkurang tergantung situasi.

Buku-buku yang gw baca sepanjang perjalanan, akan gw update di sini:

  1. Jakarta, Indonesia — Aruna dan Lidahnya (Laksmi Pamuntjak) on progress
  2. Singapore — ?? … give me ideas please :D

Tertarik mau ikutan dengan perjalanan ini? Boleh koq. Bisa dengan beberapa cara:

  • Ikutan gw keliling dunia dan berkunjung ke berbagai kota sambil membaca karya penulis lokal di sana. Caranya, cukup share aja buku yang sedang kalian baca (sesuai dengan kota di mana kita berada saat ini) lewat Instagram atau Twitter. Khawatir gak bisa ngikutin pace gw dan ketinggalan? Gpp … Misalnya gw sudah sampai Roma dan kalian masih di Singapura, kan bisa langsung nyusul pakai pesawat :)
  • Rekomendasikan kota yang menarik buat gw kunjungi, kalau bisa jangan jauh-jauh dulu dari kota gw berada saat ini yah.
  • Rekomendasikan penulis atau buku yang harus gw baca. Setiap akan pergi ke kota baru, gw akan update di Twitter dan Instagram, jadi kalian bisa langsung share rekomendasi penulis yang lahir di kota tersebut.
  • Selain itu, kalian juga bisa share atau Retweet konten yang gw buat selama perjalanan, baik berupa daftar rekomendasi buku maupun podcast di mana gw mereview setiap buku yang gw baca. Siapa tahu bisa menjadi inspirasi orang lain buat tambah banyak baca buku.

Baiklah, mari kita mulai berkeliling dunia (dengan buku), hee … :)

Gw bisa dihubungi lewat:

Instagram: (at)podcastbukukutu

Twitter: (at)podcastbuku

Email: podcastbukukutu@gmail.com

--

--