$100 Pertama dari Menulis di Medium

Sebuah perjalanan mengapa saya mulai menulis di Medium

Fahmi Salman
Point of You
Published in
4 min readAug 17, 2020

--

Catatan: Artikel ini juga dipublikasikan di website saya! Jika kamu tidak bisa membaca tulisan ini secara utuh dikarenakan terhalang oleh Medium Paywall, kamu bisa membaca tulisan ini di website saya dengan menggunakan tautan yang terdapat dalam bio.

Sebagai orang baru di dunia penulis, saya tidak pernah menyangka bahwa saya bisa menghasilkan uang dari menulis. Saya akan sedikit bercerita tentang pengalaman saya memulai menulis di Medium. Berawal dari kegelisahan saya dari kejadian di sekitar saya yang terkadang membuat saya tidak bisa tenang sehingga terkadang saya sulit tidur dan lain-lain. Ditambah dengan hoax yang bertebaran di media sosial yang kerap menimbulkan kecemasan berlebihan.

Di sanalah saya akhirnya memutuskan untuk mencoba berbagi pemikiran saya. Ada sejumlah opsi yang saya pikirkan saat itu, seperti membuat video, audio, atau menulis konten. Menyadari kekurangan saya, dimana saya kurang pandai dalam berbicara sehingga mungkin perlu waktu untuk mengambil beberapa media video atau audio, dan akhirnya saya memutuskan untuk membuatnya dalam bentuk tulisan.

Setelah itu saya melakukan riset mengenai platform yang banyak digunakan untuk membuat blog, banyak orang menyarankan untuk membuat website pribadi. Ini menarik, tapi yang jadi masalah adalah saya tidak berencana untuk menulis secara rutin dan hanya menulis di waktu senggang saja, jadi mungkin pilihannya kurang cocok apalagi jika saya harus membayar ke host setiap bulan atau tahun.

Akhirnya saya menemukan video di Youtube tentang menulis di Medium. Dimana menulis di Medium tidak hanya gratis tapi juga bisa menghasilkan uang, sesuatu yang tidak pernah terpikirkan sebelumnya. Selain itu, memiliki Publikasi dalam Medium memungkinkan tulisan saya dapat dibaca oleh orang yang lebih banyak karena saya tidak memiliki banyak pengikut.

Shelby Chruch — Making Money Online Writing for Medium… Is It Worth Your Time? (Youtube)

Setelah itu, saya mendaftar di Medium Partner Program dan mulai menulis. Jujur saja, saya tidak tahu caranya menulis yang akan dibaca banyak orang dan saya tidak punya banyak pengalaman menulis. Pengalaman menulis saya hanya mengerjakan tugas-tugas kuliah dan menulis research paper untuk tugas akhir saya, yang itupun terpaksa saya lakukan karena merupakan tuntutan.

Akhirnya, saya mulai menulis. Karena saya mahasiswa jurusan Informatika, maka tulisan pertama saya pun berhubungan dengan hal tersebut, karena bidang tersebut adalah bidang yang saya kuasai. Tulisan pertama yang saya publish adalah Web Scraping News with 4 lines using Python. Kemudian saya publish artikel tersebut tanpa melewati publikasi. Saya membagikan artikel tersebut di media sosial yang saya miliki, namun hanya sedikit yang membaca artikel saya.

Akhirnya saya memutuskan mengirimkan artikel tersebut ke penerbit. Setelah mencari publication yang tepat, artikel tersebut saya kirimkan pada penerbit Towards Data Science, salah satu publisher yang mempunyai follower terbanyak. Sejujurnya, saya tidak berharap banyak artikel saya diterima, saya hanya berharap bahwa saya mendapat feedback dari publikasi tersebut.

Setelah menunggu sekitar 1 malam, saya mendapat catatan di artikel tersebut yang isinya adalah sebagai berikut.

We just added you as an official author of Towards Data Science. From now on, you can submit your articles directly on Medium.

Hal tersebut berada diatas ekspektasi saya. Saya tidak mengira saya artikel saya akan diterima dalam satu kali kesempatan. Lalu, selang beberapa saat kemudian saya mendapat email sebagai berikut.

Medium curation

Setelah itu, sudah dapat diprediksi. Traffic menuju artikel saya tiba-tiba naik, dari yang asalnya 2 views menjadi lebih dari 100. Bagi saya, sebagai orang baru di Medium hal itu lebih dari cukup.

Article stats

Sampai dengan saat ini, artikel tersebut sudah menghasilkan $11.35 dan perlahan akan terus bertambah. Setelah itu saya mulai menulis lagi artikel lainnya. Saya total membuat 8 artikel di bulan Mei, 4 artikel di bulan Juni, dan 7 artikel di bulan Juli. Jadi, secara total saya sudah membuat 17 artikel. Adapun penghasilan yang saya dapat di tiap bulannya adalah $41.97 di bulan Mei, $56.62 di bulan Juni, dan $25.04 di bulan Juli.

Berikut saya sertakan statistik artikel saya di bulan Juni.

June stats

Dan ini merupakan penghasilan saya di bulan tersebut.

Dari gambar diatas, dapat dilihat bahwa penghasilan dari 4 artikel diatas hanya $28.45, lalu darimana $28.17. Itu didapatkan dari hasil artikel yang ditulis bulan lalu. Menarik bukan? Semakin banyak kita menulis artikel, semakin besar pula kemungkinan penghasilan yang kita dapat.

Sekian yang bisa saya sampaikan. Semoga bermanfaat.

--

--