Tips untuk pencarian kerja di masa pandemi

Potensia
Potensia
Nov 9, 2020 · 2 min read

Bingung cara cari kerja di era new normal? Keep on reading!

Photo by Road Trip with Raj on Unsplash

Cari kerja memang susah, apalagi di tengah pandemi begini. Tapi jangan putus asa dulu!! Kalau ada kemauan, pasti ada jalan.

Optimalkan usaha networking

Coba dipikirkan baik-baik. Adakah relasi yang bisa membantu kamu untuk dikenalkan ke perusahaan yang kamu incar? Networking bukan nepotisme loh ya 🙅.

Banyak survey membuktikan bahwa 85% pekerjaan didapatkan lewat networking. Oleh karena itu, coba revisi ulang jaringan pertemanan atau relasi yang kamu punya. Optimalkan jaringan itu untuk membantu pencarian kerja kamu.

Sosial Media

Sosial media (sosmed) bukan untuk pamer liburan saja ❌.

Kalau digunakan dengan benar, sosmed bisa jadi dimana kamu akan menemukan pekerjaan. Terutama media sosial seperti LinkedIn. Banyak sekali fitur di LinkedIn yang bisa membantu kamu dalam usaha pencarian kerja. Jadi, jangan lupa update profil sosial media kamu dan familiarkan dirimu dengan fitur-fitur tersebut.

Online interview

It’s gonna be the new normal. Jadi pastikan dirimu terbiasa dengan interview online. Teknik-teknik interview tatap muka akan berbeda dengan yang online. Kalau saat tatap muka kamu bisa melihat rahut wajah orang yang didepan kamu secara lebih jelas, kalau online kamu harus lebih ekspresif saat menjawab pertanyaan. Latihan adalah kuncinya. Jangan lupa juga untuk memastikan koneksi internet kamu stabil. The last thing you want to have is to have a bad internet connection.

Percaya pada diri sendiri

Kalau kamu saja tidak percaya pada dirimu sendiri, apa lagi orang lain? Semua itu dimulai dari dalam diri kamu sendiri. Kepercayaan diri yang kamu punya akan mudah sekali ditebak dari cara kamu menjawab pertanyaan ketika interview. Oleh karena itu, percaya pada diri sendiri, karena itu syarat utama untuk orang lain percaya kepada kita. Be confidence!

Jangan menyerah!

Kita semua tahu kalau pencarian kerja itu gak gampang, apalagi di tengah pandemi. Jadi jangan terlalu menyalahkan diri dan jadi depresi kalau belum dapat kerja. Yang penting jangan menyerah dan kamu pasti akan berhasil. Semangat teman-teman! 💪

Photo by Eric Brehm on Unsplash

Di Potensia, kami percaya bahwa meraih karir impian adalah hak semua orang. Potensia menawarkan akses online untuk konseling karir dengan pakar psikolog handal yang dapat diakses oleh seluruh masyarakat Indonesia. Sign up disini untuk mencoba sesi konseling bersama pakar karir kami.

Potensia

Memperkenalkan konseling karir online di Indonesia

Medium is an open platform where 170 million readers come to find insightful and dynamic thinking. Here, expert and undiscovered voices alike dive into the heart of any topic and bring new ideas to the surface. Learn more

Follow the writers, publications, and topics that matter to you, and you’ll see them on your homepage and in your inbox. Explore

If you have a story to tell, knowledge to share, or a perspective to offer — welcome home. It’s easy and free to post your thinking on any topic. Write on Medium

Get the Medium app

A button that says 'Download on the App Store', and if clicked it will lead you to the iOS App store
A button that says 'Get it on, Google Play', and if clicked it will lead you to the Google Play store