TDD Uyeee…

Zunino Sultan Anggara
PPL 2019 C3
Published in
2 min readApr 18, 2019

Pada tulisan ini, saya akan memperlihatkan bagaimana saya berusaha menerapkan TDD dalam pengerjaan task-task PPL C3.

Sebelum kita ke contoh penerapan, mari kita review kembali prinsip-prinsip TDD.

RED GREEN REFACTOR

Red? Green? Lampu lalu lintas? Bukan teman-teman, yang saya maksud di sini adalah langkah-langkah dalam TDD.

  1. RED — buat kode test terlebih dahulu, pastikan semua kemungkinan input output dimasukkan. Jalankan test dan pastikan test failed.
  2. GREEN — buat kode implementasi secukupnya untuk melewati test yang ada, jalankan test dan pastikan test passed.
  3. REFACTOR — lakukan perbaikan pada kode implementasi yang masih berantakan dan jangan takut merusak fungsi dari suatu fitur, karena ketika test dijalankan dan test passed, berarti tidak ada perubahan yang membuat fungsi jadi bermasalah.

Naah, sekarang mari kita beranjak ke contoh penerapan.

  1. Pertama, saya harus membuat test terlebih dahulu, kemudian file tests.py di add di dalam local repository.
  2. Kemudian, saya melakukan commit dengan tag [RED] di local repository.
  3. Selanjutnya, saya membuat barisan kode untuk melewati test-test yang ada.
  4. Dan seperti pada langkah pertama, file-file yang dibuat untuk melewati test.py di add di local repository.
  5. Setelah itu, lakukan commit dengan tag [GREEN] di local repository.

6. Terakhir lakukan git push untuk mengirim perubahan di local repository ke remote repository.

Tampilan ketika di-push ke gitlab.

7. Jika ada perubahan minor yang dilakukan pada kode yang sudah ada, add file tersebut dan gunakan tag [REFACTOR] ketika melakukan commit. Dan, push pekerjaan anda ke remote repository.

--

--