Endgame (The last Sprint and Pre-Exhibition)

Ilham Darmawan
PPL D7 — Fasilkom UI
3 min readMay 21, 2019

Halo, kembali lagi bertemu dengan saya yang insya Allah menjadi blog terakhir di PPL kali ini. Yah, seperti yang sudah diketahui, Part A saya alhamdulillah sudah dapet 3 semua, jadi sekarang giliran claim part C. Untuk proses claim tersebut, saya akan menceritakan mengenai apa saja yang kami lakukan selama sprint terakhir tersebut sampai dengan eksibisi.

We’re in the endgame now

The Last Sprint

Pada sprint yang terakhir terdapat 2 PBI, yaitu PBI untuk notifikasi barang pada SMS dan untuk menambahkan barang-barang ke reminder Google Calendar. Saya sudah lupa mengenai pembagian dev team ke PBI mana. Akan tetapi, yang saya ingat adalah saya dan Benny mengerjakan PBI SMS serta Luthfi mengerjakan PBI Google Calendar.

Penentuan third-party platform untuk mengirimkan programmable SMS dilakukan dengan melakukan research terhadap beberapa brand. Kemudian, setelah berdiskusi, kami menggunakan aplikasi Twilio karena tawaran dari brand lain sebagian besar sama, yaitu memberikan free credits yang akan dikurangi setiap kali mengirimkan SMS. Selain itu, saya, Fadhlan, dan Mahen juga sudah familiar dengan cara kerja Twilio karena sebelumnya sudah pernah menggunakannya pada proyek freelance kami.

Isi dari File smsMaster yang menggunakan library dari Twilio

Isi dari file ini relatif dapat dibaca dengan jelas. Seperti contohnya, terdapat inisialisasi client untuk Twilio, pembuatan template String untuk SMS, dll. Bagian pentingnya terdapat di dalam kotak merah, yaitu saat membuat message dengan menggunakan library Twilio. Pada pembuatan message perlu membuat struktur JSON yang berisi isi pesan, nomor asal, dan nomor tujuan. Untuk nomor asal hanya bisa menggunakan nomor free trial. Untuk satu file ini tidak seluruhnya saya, melainkan juga Benny yang membuat template String untuk message-nya.

Pre-Exhibition

Pamer duls

Untuk pre-exhibition kali ini, terdapat empat tugas baru yang berkaitan dengan eksibisi dan tugas tersebut tidak berhubungan dengan koding. Tugas tersebut adalah membuat slide pitching deck, post promosi, poster, dan video promosi. Karena yang suka desain hanya saya dan Luthfi, maka kami berinisiatif untuk membuat desain tersebut. Sedangkan Ibnu dan Mahen membuat slide, serta Fadhlan dan Benny mengurusi production build. Saya membuat poster dan Luthfi membuat post instagram. Pada akhirnya kami berdua bekerja sama dengan mengirimkan artboard illustrator kami untuk membuat konsistensi antar desain. Setelah itu, barulah dilakukan finishing oleh Luthfi untuk poster dan post instagram.

Asik, keren kan udah kayak Youtuber

Kemudian untuk video promosi kami sempat berdiskusi dan sedikit berdebat mengenai jenis video apa yang akan ditampilkan. Benny dan lainnya berpikiran kita membuat video menggunakan rekaman saja jadi seperti ada skenario barang habis blablabla. Akan tetapi, saya dan Luthfi lebih setuju dengan video promosi yang menampilkan produk dengan transisi-transisi ala-ala edgy millenial 👌😅 ❌ ⭕️ ❌ ⭕️. Tapi ya begitu, tidak ada yang pernah menyentuh adobe after effects dalam kelompok kami. Kembali lagi, saya dan Luthfi berinisiatif untuk membuat video tersebut. Singkat cerita, saya masih coba-coba untuk transisi teksnya eh tiba-tiba Luthfi sudah mengirimkan video lengkapnya di grup. Alhasil, saya hanya menambahkan stock audio pada video tersebut dan menambahkan scene Happyfresh | PPL-D7 pada akhir video. Tapi tetap ada kontribusi hehehe.

Acknowledgements

Akhir kata, saya ingin berterima kasih kepada tim dosen dan asdos PPL, khususnya Bu Suci dan Kak Yuna yang sudah membimbing kami selama satu semester ini. Saya juga ingin berterima kasih kepada Mas Pepe, Mas Nu’man, Mas Ian, Mas Iyay, dan Mas Khairul yang sudah membantu kami menghadapi kesulitan-kesulitan selama PPL ini. Terakhir saya juga berterima kasih kepada satu tim yang juga peer group di Fasilkom ini yang sudah mau berkontribusi secara maksimal tanpa menjadi BeBaN dalam kelompok PPL.

Yah begitulah, jangan serius banget bacanya. Semoga ketika saya atau pun teman-teman saya menulis blog mengenai computer science, maka pada saat itu juga saya dan teman-teman saya sudah sukses pada jalannya masing-masing, Aamiin. Sampai jumpa!!

--

--