Minggu Terakhir Sprint 1

Pada minggu terakhir sprint 1 ini saya telah menyelesaikan halaman DGB (Dewan Guru Besar) melihat riwayat pengajuan. Halaman ini merupakan salah satu fitur untuk login sebagai DGB. Berikut merupakan rinciannya.

Halaman ini akan menampilkan riwayat pengajuan aplikasi berhasil dan riwayat pengajuan aplikasi ditolak. Masing-masing riwayat ditampilkan pada sebuah tabel yang berisikan informasi seperti nama, NIP, fakultas, jabatan, dan log revisi serta link untuk mengunduh berkas dan acceptance letter masing-masing aplikasi.

Tabel daftar riwayat aplikasi berhasil
Tabel daftar riwayat aplikasi ditolak

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, pada setiap baris (aplikasi) terdapat tombol untuk melihat log revisi aplikasi terkait.

Pop-up jika aplikasi memiliki catatan revisi
Pop-up jika aplikasi tidak memiliki catatan revisi

Pada setiap baris juga terdapat tombol untuk mengunduh berkas dan acceptance letter aplikasi terkait.

Tombol untuk mengunduh berkas aplikasi terkait

Untuk aplikasi yang belum memiliki file untuk diunduh, saya membuat exception agar tombol “unduh” tidak ditampilkan, tetapi seandainya terjadi kesalahan dan tombol “unduh” tetap muncul padahal belum terdapat file yang dapat diunduh, halaman akan dialihkan ke peringatan bahwa tidak terdapat file terkait.

Exception jika mengunduh file yang tidak ada

Selain mengerjakan tampilan untuk fitur ini, saya juga menambahkan seeding database karena file database sebelumnya belum cukup lengkap untuk menampilkan beberapa kasus yang berbeda.

Don’t Repeat Yourself

DRY adalah salah satu prinsip dari Clean Code yang melarang kita untuk mengulang pembuatan fungsionalitas yang sama. Kode yang kita buat harus dapat digunakan kembali (reusable) untuk menghasilkan kode yang baik. Pada sprint 1 ini terdapat beberapa fungsionalitas yang saya terapkan dan dapat digunakan lebih dari sekali, yaitu download, log, dan pagination. Fungsionalitas tersebut digunakan pada fitur DGB dan fakultas, serta tidak menutup kemungkinan fungsionalitas tersebut akan digunakan kembali pada fitur-fitur selanjutnya.

Show your support

Clapping shows how much you appreciated Aditya Beta Sutopo Putra’s story.