Sprint 3: Week 3

Pada sprint 2 kemarin terdapat 1 backlog tim kami yang belum diterima karena tidak sesuai dengan permintaan, sehingga kami perlu memperbaiki backlog tersebut pada sprint 3 ini. Backlog tersebut adalah Sebagai DGB, saya dapat mengatur isian form sesuai aturan DIKTI. Karena yang sebelumnya mengerjakan bagian ini adalah Oda, maka kali ini pun yang membetulkan juga Oda yang dibantu dengan saya karena memang Oda yang paling paham dengan backlog ini. Saya hanya membantu diskusi untuk mencari solusi yang tepat dan mengerjakan front end pada backlog ini.

Pada pekan ke-2 sprint 3 ini kemarin kami juga mendapatkan kesempatan untuk melakukan knowledge sharing mengenai API, Swagger, dan Postman.

API

API atau Application Programming Interface merupakan penghubung antara 2 buah aplikasi yang menyebabkan kedua aplikasi tersebut dapat bertukar data dan memanipulasi data satu sama lain.

Swagger adalah API Documentation Builder yang digunakan untuk membantu kami mendesign dan membuat API Documentation. Lalu, mengapa kami menggunakan Swagger? Swagger ini terintegrasi dengan framework yang kami gunakan, yaitu Django Rest Framework. Tidak hanya terintegrasi, tetapi juga direkomendasikan dan memiliki dokumentasi yang lengkap. Bagaimana cara menggunakannya?

  • Install Swagger dengan command berikut
  • Tambahkan rest_framework_swagger ke dalam settings.py pada bagian INSTALLED_APPS
  • Gunakan get_swagger_view untuk membuat schema view yang men-generate API

Postman merupakan sebuah HTTP client yang dapat digunakan untuk melakukan testing pada API kami. Mengapa kami memilih postman? Postman memiliki fitur history dan auto-complete yang dapat menyimpan semua jenis request beserta input yang pernah kita lakukan. Postman memiliki UI yang bagus dan mudah digunakan, seperti memiliki tab jika hendak melakukan test pada beberapa bagian sekaligus. Postman juga dapat digunakan untuk melakukan testing dengan mudah.

  • Download dan install postman
  • Tambahkan postman ke dalam settings.py pada bagian INSTALLED_APPS
  • tambahkan postman.urls pada url configuration project kita

Kembali pada pembahasan sprint 3, pada pekan awal yang saya kerjakan adalah mengganti UI tabel dengan yang kami anggap lebih cocok dan menyamakan UI pada semua backlog. Kemudian, saat sedang mengerjakan backlog DGB melihat riwayat aplikasi saya menemukan bug karena kami mengganti model pada coldfix dan tidak sadar bahwa backlog tersebut terpengaruh. Sehingga saya perlu melakukan perbaikan pada controller dan view backlog tersebut.

Referensi: