Sprint 3, Week — 4: Penerapan agile manifesto & principles

Agile Manifesto

Salah satu nilai dari agile manifesto adalah Individuals and interactions over processes and tools, yaitu lebih mengutamakan individu dan interaksinya daripada proses dan tools. Hal ini sudah kami terapkan dan rasakan di dalam tim kami sendiri yaitu kami sering mengadakan sharing session yang baik itu disengaja atau tidak, sharing session sering kami lakukan pada saat sebelum kerja kelompok bersama. Biasanya kami memiliki kesulitan pribadi misalnya terhadap Swagger API documentation generator, salah satu diantara kami yang sudah menguasainya akan memberikan penjelasan terhadapnya. Artinya teman kami juga harus mengerti apa yang kita sudah mengerti, disitulah pentingnya interaksi individu di dalam tim kami.

Selain itu, pada sprint review 2 yang lalu, terdapat satu product backlog yang tidak disetujui oleh product owner yaitu dgb dapat mengatur form aturan acuan pengajuan kenaikan jabatan. Hal ini kami akui karena kesalahan kami yang salah menginterpretasikan maksud dari client sehingga kami salah mengimplementasikannya. Kemudian kesalahan tersebut kami perbaiki pada sprint berikutnya yaitu sprint 3. Hal ini merupakan penerapan dari value Responding to change over following a plan, dimana kami harus siap menerima perubahan terhadap rencana yang sudah kita diskusikan diawal yaitu kami bisa langsung melanjutkan sprint mengerjakan backlog yang tersisa dan sekarang kami harus mengerjakan revisi untuk kesalahan yang kami lakukan dan bekerja lebih ekstra agar sprint bisa diselesaikan dengan baik dan sempurna.

Agile Principles

Salah satu prinsip agile adalah Breaking big work down into smaller components that can be completed quickly. Prinsip tersebut sudah kami terapkan pada tim, sebagai contoh pada user story: Sebagai admin fakultas, saya dapat memantau perkembangan aplikasi CYD, yang kemudian kami bagi menjadi empat task implementasi, yaitu

  • Implementasi halaman pemantauan untuk pengajuan diproses
  • Implementasi halaman pemantauan untuk pengajuan diterima
  • Implementasi halaman pemantauan untuk pengajuan dikembalikan
  • Implementasi halaman pemantauan untuk pengajuan dibatalkan

Selain itu, kami juga menerapkan prinsip Measuring progress by the amount of completed work. Yaitu kami selalu mengukur dan mengetahui progres dari apa yang sudah kita selesai dikerjakan dari beberapa tanggung jawab pekerjaan masing-masing. Hal ini sering kami kita lakukan pada saat daily scrum meeting, masing-masing dari kami akan memaparkan apa saja yang sudah selesai dikerjakan. Sebagai contoh saat ini kami sudah selesai mengerjakan authentikasi, semua coldfix dan menampilkan profil cyd (minus menampilkan lognya). Artinya, dengan sisa waktu seminggu ini kami sangat bisa untuk menyelesaikan sisa pekerjaan yaitu menampilkan log pada profil cyd dan menggabungkan semua pekerjaan. Hal ini sangat penting untuk dilakukan untuk keep on track, sehingga jika mengalami kendala dan pekerjaan terhambat kita bisa tahu diawal dan menambah effort kerja keras agar tetap bisa on track.