Usability Testing of Teman Bisnis Customer Database & Analytics

Reza Ramadhansyah
PPL Teman Bisnis
Published in
2 min readMar 18, 2019

Teman Bisnis Customer Database & Analytics merupakan aplikasi untuk menghimpun dan menampilkan aktivitas (tracking) pengguna sebuah aplikasi testing atau “dummy app”.

Kali ini, saya sebagai hipster kelompok A1 mencoba usability testing prototipe yang telah kami buat. Bagaimana proses usability testing ini berjalan dan siapa user yang telah mencoba?

Langkah Pertama

Pertama-tama, saya menentukan fitur apa yang ingin dicoba oleh user saat melakukan usability testing. Dalam hal ini, saya mencoba untuk melakukan usability testing dalam menguji “Mengirim notifikasi kepada user baru”.

Langkah Kedua

Selanjutnya, setelah menentukan fitur apa yang akan diuji dalam usability testing saya mempersiapkan prototipe yang akan digunakan pada saat pengujian oleh user. Prototipe sendiri belum tentu mempunyai fitur yang lengkap untuk sebuah aplikasi yang sudah jadi, karena saya hanya ingin melakukan usability testing pada suatu fitur yang disebut pada langkah pertama.

Prototype yang saya rancang menggunakan Marvel, berikut saya tampilkan.

Prototype Web Teman Bisnis Customer Database & Analytics

Langkah Ketiga

Selanjutnya, saya mencoba menentukan skenario sederhana untuk user mencoba prototype web dari Teman Bisnis Customer Database & Analytics. Skenario tersebut bisa berupa “Jika anda ingin mengirimkan notifikasi kepada seluruh pengguna baru, akan klik apa?

Skenario diatas bisa tidak valid karena dapat membantu user dalam menggunakan aplikasi. Skenario yang benar, haruslah sebuah bayangan yang nantinya akan membuat user berpikir harus melakukan apa tanpa adanya petunjuk yang sangat jelas.

Berikut skenario yang menurut saya tidak terlalu memberikan petunjuk banyak kepada user untuk melakukan usability testing.

“Anda adalah seorang admin teman bisnis. Anda ingin melihat banyaknya pengguna baru dalam aplikasi dan ingin mengirimkan pesan kepada pengguna baru. Silakan gunakan aplikasi ini untuk melakukan hal tersebut.”

Langkah Keempat

Mencari user yang akan melakukan usability testing. Kali ini ini saya bersama Luqman Iffan Windrawan, ia akan melakukan usability testing sesuai skenario yang telah saya berikan diatas.

Mas Iffan sedang mencoba prototype

Langkah Kelima

Setelah user mencoba prototipe yang diberikan dan menjalankan skenario diatas, berikut feedback yang didapatkan:

  1. Login — normal
  2. Klik Detail New User dari Home — agak bingung karena hanya judul yang bisa di klik.
  3. Melihat data pengguna baru — normal
  4. Mengirimkan notifikasi — agak terhenti karena tombol notifikasi berada diatas selection table dan mengira tombol tersebut sudah akan memuat seluruh user dalam tabel sebelum memilih user.

Konklusi

Berdasarkan data feedback yang terkumpul, ternyata masih terdapat beberapa masalah dalam alur/flow prototype yang digunakan oleh user. Oleh karena itu, dibutuhkan perbaikan untuk masalah yang masih dihadapi oleh user ketika menjalankan usability testing. Dari situlah usability testing berguna untuk mencari masalah-masalah yang masih belum terlihat dari pihak developer, tetapi dapat ditemukan oleh user.

Terima kasih telah membaca tulisan saya :D

--

--