Week 1: Facebook Auth & Learning React.js

Ahmad Elang
println-mic
Published in
2 min readMar 8, 2018

Hustler Job

Beberapa waktu lalu untuk mempersolid tim PPL C3. Saya dan teman-teman C3 pergi ke Castle8 untuk bermain boardgame. Kenapa memilih boardgame. Alasannya ada di sini. Kami pergi bermain setelah kelas PPL

Tampan dan Berani

Saya juga memberi semangat serta komentar mengenai kerja tim melalui berbagai media sosial seperti Line. Saya juga memberikan komentar via gitlab

Memberi Semangat Hacker agar Semua Lancar

What Have I Done ?

Hal pertama yang saya lakukan adalah mensetup environment node dan python. Tidak seperti hipster kelompok saya, saya tidak melakukan hal kurang cerdas seperti melakukan command yang saya kurang paham dengan tag — force.

Saya lalu mulai mengerjakan salah satu task saya. Saya belajar mengenai JSX, React Component, State & Lifecycle dan lain lain. Saya sebenarnya masih belum memahami sepenuhnya mengenai React.js, namun saya yakin saya cukup memahami React.js sehingga saya bisa menyelesaikan task berbasis React.js yang sederhana dengan menggunakan pendekatan Copy-Pasting Programming

Task berikutnya adalah mengaplikasikan OAuth untuk facebook. Saya mempelajari OAuth lalu belajar membuat test untuk OAuth. Karena saya perlu melakukan mocking terhadap API facebook. Lalu dengan menggunakan library python social auth saya meimplementasi OAuth Facebook

source: https://www.digitalocean.com/community/tutorials/an-introduction-to-oauth-2

What have I learnt ?

  • OAuth Facebook
  • Melakukan mocking terhadap API
  • Tentu saja, React.js

What problem did I encounter ?

  • Membuat mocking terhadap API
  • Mempelajari Django Rest Framework
  • React.js menggunakan konsep Functional Programming yang berbeda dengan OOP

What am I going to do next?

Refaktor kodingan Oauth karena masih ada masalah di coverage

--

--