Week 15: Deadline

Ahmad Elang
println-mic
Published in
3 min readMay 15, 2018

What I do this week?

Actually not that much

Integrasi dengan notifikasi
Saya actually hampir 3 jam lebih ndebug hal ini

Saya juga refactoring kode test saya yang lama.

Saya juga komentar2 lucu setelah membaca kode teman saya

Software Architecture

Software architecture adalah struktur dari sebuah sistem software, didalamnya terdapat komponen dari software dan relasinya satu sama lain

Println menggunakan microservice software architecture . Microservice kami sekarang hanya 1, yakni melakukan percetakan. Karena web berbasis web, kami juga menggunakan client-server software architecture

Berikut beberapa komponen dari println

  1. Frontend, menangani semua interaksi user di web
  2. Backend, menyediakan akses data untuk frontend dan microservice. Juga melayani pengiriman notifikasi ke user
  3. Microservice (Print), mengambil data dari backend dan mengatur proses print dengan printer

Legenda:

Testing, Mock-up dan stubs

Stubs

Stubs adalah kelas/method yang di fake untuk keperluan testing saja

Mock-up

Sedangkan mock-up adalah memalsukan behivour class/method yang menjadi dependensi class/method yang sedang di test

Atleast 3 jam bisa saya taruh di mock up

Never Make Excuses, Eliminate Distractions & Focus to Achieve Goal

Ketika ada masalah lebih cepat mengakui masalah dan berusaha menemukan solusi ketimbang menjustifikasi kenapa masalah tersebut terjadi. Ketika menemukan masalah di scrum review, kami berusaha tidak membuat alasan dan menerima input

Semakin sedikit distraksi. Semakin baik performa. Hal ini terjadi karena manusia tidak seperti komputer, manusia tidak bisa melakukan banyak hal secara sekaligus, ketika kita mengubah fokus dari task A ke task B, otak membutuhkan waktu yang tidak singkat untuk fokus ke task yang baru. Oleh karena itulah saya berhenti mendengarkan youtube ketika saya mulai menulis blog ini. Untuk di tim, digunakan telegram karena telegram lebih sepi dari chat teman2 angkatan, terdapat bot gitlab yang membantu notifikasi terkait gitlab.

--

--