Alumni Purwadhika: Cerita Yuvens yang Mepersiapkan diri untuk Mengikuti Perkembangan Industri Digital

Purwadhika Digital Technology School
purwadhikaconnect
Published in
3 min readMay 27, 2019

Kesadaran akan perubahan yang semakin cepat dari waktu ke waktu mempengaruhi seluruh proses kegiatan perusahaan, hal ini berupa digitalisasi. Melihat perubahan yang terjadi ini, Perusahaan-perusahaan pun harus dengan segera mengikuti proses percepatan ini. Ini dilihat dari munculnya job division yang kini semakin banyak namun penyediaan talent untuk divisi- divisi baru tersebut dibilang masih kurang.

Melihat hal ini, Purwadhika Startup and Coding School menyediakan lahan belajar digital dan coding antara lain; Digital Marketing, Data Science, Web and Mobile Development, Coding for Teens dalam bentuk kursus ataupun workshop dan bootcamp dengan tujuan menjadikan generasi muda Indonesia menjadi #GenerasiPintarDigital. Sadarnya akan perkembangan yang terus maju ke arah digitalisasi ini juga dirasakan oleh Yuvens, yang merupakan salah satu dari Alumni Purwadhika Job Connector Web and Mobile Development yang sebelumnya ia merasa belum mampu untuk menjadi talent yang dibutuhkan oleh pasar industri hingga ia memutuskan belajar di Purwadhika. Begini cerita Yuvens mengikuti kelas di Purwadhika.

Yang membuat kamu bergabung di Purwadhika?

Sebelum saya bergabung di kelas Job Connector Web and Mobile Development Purwadhika, saya adalah seorang Mechatronics Engineering. Namun saya merasa perkembangan industri di Indonesia bahkan dunia sekarang mengarah ke dunia digital sedangkan saya merasa bahwa saya masih kekurangan skill untuk mengikuti perkembangan tersebut sehingga saya memutuskan untuk bergabung di kelas Job Connector Web and Mobile Development.

Pelajaran apa yang paling berkesan untuk kamu?

Selama 4 bulan saya belajar di Purwadhika banyak pelajaran yang saya dapat, namun yang paling berkesan bagi saya adalah saat pembahasan mengenai React JS.

Bekerja di salah satu perusahaan jasa teknologi?

Dari ilmu yang sudah saya dapat selama proses pembelajaran tersebut, sebagai project akhir kelas saya membuat website yang mensimulasikan fashion e-commerce. Setelah dinyatakan lulus dari Purwadhika, saya mendapat kerja di salah satu perusahaan jasa teknologi dan sistem yaitu PHI-Integration.

Apa yang kamu dapat dari Purwadhika?

Sebelum saya bergabung di Purwadhika saya tidak memiliki kualifikasi dan skill untuk bekerja di industri digital. Namun dengan mengikuti program ini, saya disiapkan untuk mengikuti perkembangan industri digital di Indonesia. Saya pribadi merasa program ini sungguh bagus karena menyiapkan skill yang diperlukan dengan baik dan juga dibantu dalam penyaluran tenaga kerja-nya yang baik juga.

Apa pendapat kerabat kamu?

Keluarga saya sangat mendukung keputusan saya saat awal saya mengatakan ingin bergabung di Purwadhika karena mereka-pun sadar akan pentingnya pembelajaran di bidang ini akan mempengaruhi masa depan saya. Saya pun merekomendasikan kelas ini untuk keluarga dan teman-teman saya.

Apa saran atau tips dari kamu untuk terus mengikuti persaingan di industri 4.0 ini?

Menurut saya untuk dapat survive di persaingan industri 4.0 ini kita harus selalu up to date dengan teknologi-teknologi terbaru karena dunia industri akan selalu berubah ke arah yang lebih baru, Jadi ya untuk tetap exist kita harus bisa untuk mengikuti pergantian itu.

Itu tadi cerita Yuvens yang mempersiapkan dirinya untuk menghadapi persaingan industri 4.0. Millenials, sudah tahu kan pentingnya meng-upgrade diri untuk tetap exist di persaingan industri 4.0 ini? Kalau kamu juga seperti Yuvens yang ingin meng-upgrade diri di dunia digital dan langsung disalurkan bekerja di perusahaan startup maupun korporat, kamu bisa mengikuti kelas- kelas seperti Data Science, Web and Mobile Development, dan Digital Marketing yang tersedia di Purwadhika Startup and Coding School. Selamat belajar, millenials!

--

--