Alumni Purwadhika: Cerita Arfy yang Mengubah Kariernya Menjadi Machine Learning Engineer

Erica
purwadhikaconnect
Published in
3 min readNov 26, 2019

Data Science merupakan ilmu yang mempelajari dan mengolah data sehingga hasilnya dapat membatu perusahaan dalam mengambil keputusan. Di dalam data science itu sendiri kita dapat mempelajari berbagai macam data yang dapat diolah menjadi bentuk lain seperti machine learning. Machine learning itu sendiri bagian dari artificial intelligence yang mana dapat membentuk sistem yang belajar dari data.

Itu semua sangat diperlukan dalam dunia Big Data dan industri 4.0. Maka dari itu Arfyan Rabbani yang merupakan salah satu lulusan Job Connector Data Science Purwadhika menyadari akan kebutuhan tersebut. Sebelumnya Arfy merupakan lulusan Mechatronic. Apa itu Mechatronic? dan mengapa akhirnya Arfy memutuskan belajar di Purwadhika? berikut adalah review Purwadhika dari Arfy.

Apa latar belakang Arfy sebelum masuk di Purwadhika?

Latar belakang saya adalah lulusan Mechatronis dari Swiss German University. Mechatronica itu sendiri adalah teknik mesin campur elektro dan ada juga sedikit programming yang intinya untuk membuat semacam robot automation seperti itu.

Mengapa memilih belajar di Purwadhika?

Jadi saya memang agak tertarik dengan machine learning karena dulu thesis-nya ada sedikit membahas tentang itu. Tapi saya masih kurang kompeten untuk terjun langsung kerja di bagian machine learning. Tadinya berniat untuk otodidak, tapi ternyata tidak semudah yang saya bayangkan. Akhirnya saya mengambil kelas training full time di Purwadhika.

Apa ada kesulitan saat belajar di Purwadhika?

Kesulitan sih gak ada yang, tapi karena dulu udah pernah nyoba-nyoba sendiri jadi tau kalau kurang arahan. Nah Purwadhika itu ngasih saya arahan caranya gimana, cara yang baik dan benar, lebih ke membuka wawasan banget sih.

Topik pelajaran apa yang paling apa yang paling Arfy sukai?

Menurut saya semuanya dari basic sampai topik terakhir semuanya menarik dan banyak hal-hal baru yang saya dapatkan juga dari full training ini. Jadi, semuanya saya suka gak ada yang paling favorit gitu.

Dampak apa yang Arfy rasakan setelah lulus dari Job Connector Data Science Purwadhika?

Apapun yang kita lakukan pasti ada impact sih mau negatif mau positif. Dan menurut saya waktu belajar kemarin gak ada yang salah, apalagi memang belajar tentang hal yang disuka sesuai tujuan karier. Kalau di posisi saya kemarin, karena dari jurusan mechatronic jadi gak bisa langsung terjun di dunia data science jadi saya ambil training Job Connector Data Science di Purwadhika dan akhirnya salah satu hiring partner Purwadhika yaitu Alodokter meng-hire saya sesuai dengan yang saya mau. Jadi dampaknya ada banget di saya.

Apa saja yang Arfy kerjakan sebagai Machine Learning Engineer di Alodokter?

Karena Alodokter masih baru dalam menggunakan machine learning, jadi data-datanya masih kotor. Kita lagi milih-milih algoritma mana yang paling bagus performanya, jadi masih bersihin data. Karena emang machine learning itu butuh data yang bagus, dan milah data itu agak susah sih sebenernya, ya ada ilmunya lah untuk itu. Hehe..

Ada tips untuk mereka yang ingin belajar di Purwadhika?

Para pengajar di Purwadhika saya akuin emang bagus, jadi enak buat belajar dan gampang juga untuk nangkepnya. Gak terlalu cepet juga ngajarnya even topik yang kita pelajari kemarin cukup complicated tapi bisa dirangkum sesimpel mungkin sama pengajarnya. Jadi menurut saya selama kalian seneng belajar hal yang kalian pelajarin pasti bisa.

Untuk kamu yang ingin mempelajari artificial intelligence seperti Arfy, Purwadhika Startup & Coding School memiliki program Job Connector Data Science yang dapat kamu lihat di sini.

--

--