Alumni Purwadhika: Dari Lulusan Manajemen, Adhi Nugraha Beralih Minat ke Front-End Developer

Purwadhika Digital Technology School
purwadhikaconnect
Published in
3 min readJul 10, 2019

Pendidikan berbasis teknologi merupakan sesuatu yang penting untuk bekal bertahan di dunia industri digital. Tak sedikit perusahaan yang stuck dengan kegiatan industrinya yang tradisional lalu gulung tikar karena kalah saing dengan perusahaan yang terus berkembang mengikuti teknologi. Untuk mampu mencapai kepada industri digital, perusahaan tentunya membutuhkan talenta di bidang-bidang yang mumpuni untuk pengelolaan big data, digital marketing, dan yang berbasis teknologi. Hal ini-pun dipahami oleh salah satu alumni Job Connector Data Science, Adhi Nugraha.

Apa yang membuat kamu memilih belajar di Purwadhika?

Saya merupakan lulusan Manajemen di Universitas Indonesia namun saya tertarik ingin berkarier sebagai developer di dunia IT. Saya sadar tidak memiliki background IT, itulah yang membuat saya akhirnya mencari tempat kursus yang bisa dijadikan tempat yang baik untuk belajar IT dan membuat saya siap bekerja di bidang tersebut. Lalu mengapa Purwadhika? Saat itu saya mulai untuk mencari tahu lembaga pendidikan berbasis teknologi dengan kualitas baik di Indonesia, dan saya menemukan Purwadhika.

Pelajaran yang paling berkesan di kelas Data Science?

Selama mengikuti kursus Job Connector selama kurang lebih 4 bulan, dari banyaknya pelajaran yang saya dapat, Topik yang paling berkesan bagi saya adalah bahasan fundamental, hehe. Selama pembahasan itu saya dilatih membuat fungsi sederhana dengan javascript sehingga saya menjadi paham bagaimana dasar-dasar membuat fungsi. Pemahaman fundamental yang baik juga berperan ketika ingin belajar bahasa pemrograman yang lain.

Bukan berasal dari background IT, merasa kesulitan?

Awalnya kesulitan yang saya alami ketika awal belajar front end dengan ReactJS dan back end nya dengan node js. Tapi seiring berjalan waktu dengan mengerjakan latihan dan project akhir, perlahan pemahaman saya semakin membaik tentang keduanya.

Project apa yang sudah pernah kamu buat?

Saya membuat project akhir website petshop. Di project tersebut saya buat mirip dengan konsep e-commerce dimana ada produk-produk yang ditampilkan, seperti makanan dan obat-obatan hewan peliharaan, lalu user bisa memasukkan produk yang ingin dibeli ke cart dan dilanjutkan hingga proses transaksi.

Apa dampak belajar di Purwadhika terhadap karier kamu?

Dampak terhadap karier saya adalah saya bukan seorang yang memiliki background IT sekarang bekerja di bidang IT yaitu sebagai Front-end Developer di salah satu perusahaan startup yaitu Triplogic.

Mengikuti Job Connector merubah karier kamu?

Sebelum saya mengikuti kursus di Purwadhika, saya sudah meminta pendapat baik dari keluarga maupun teman karena bagiamanapun saya akan melakukan perubahan besar dalam karier saya di dunia kerja. Rata-rata dari mereka mendukung apa yang saya lakukan asal dijalani dengan sepenuh hati dan tidak setengah-setengah. Dan oleh hasil yang sudah saya dapat, saya merasa senang pernah bergabung di kelas Job Connector. Selain dipersiapkan bekerja di bidang IT, juga difasilitasi untuk mendapatkan pekerjaan.

Pesan untuk millenials yang ingin berkarier di bidang IT Industri 4.0 ini?

Saya setuju dengan pepatah yang bilang, “menjadi programmer artinya harus siap menjadi pelajar sepanjang hidupnya”. Dunia IT berkembang sangat cepat, untuk itu kita harus terus memperbarui skill dan knowledge kita agar bisa mengikuti perubahan dan memiliki daya saing di era industri yang juga terus berkembang.

Mengubah karier seperti Adhi Nugraha memang tidak mudah jika tidak disertai niat yang kuat dan tempat belajar yang mendukung. Kamu-pun juga bisa mengubah karier seperti Adhi Nugraha sebagai Data Scientist dengan mengikuti kelas training Job Connector Web and Mobile Development di Purwadhika Startup and Coding School

--

--