Alumni Purwadhika: Donny Pranata Tingkatkan Karier dengan Menjadi Front End Developer

Erica
purwadhikaconnect
Published in
3 min readDec 12, 2019

Di era industri digital yang terus berkembang ini, Donny Pranata yang sudah memliki background digital paham bahwa hingga beberapa tahun kedepan, kebutuhan akan seorang developer akan terus meningkat. Hal itulah yang membuatnya ingin memperdalam skill dengan belajar di Purwadhika. Dan seperti lulusan Job Connector Web & Mobile Development lainnya yang sudah melewati ujian kelulusan serta Hiring Event di mana para lulusan program Job Connector dipertemukan dengan perusahaan-perusahaan hiring partner Purwadhika, Donny akhirnya menemukan tempat upgrade career untuk dirinya di Terralogiq, salah satu perusahaan hiring partner Purwadhika, sebagai Front End Developer. Berikut adalah review Purwadhika dari Donny:

Apa background Donny sebelum ambil program Job Connector di Purwadhika?

Sebelum ambil training Job Connector Web & Mobile Development di Purwadhika saya bekerja di perusahaan manufaktur alat berat jepang selama kurang lebih 6 tahun, dengan posisi sebagai staff IT.

Wow, waktu yang cukup lama, apa yang membuat Donny akhirnya meninggalkan kantor lama dan fokus mempelajari Web & Mobile Development?

Sebenarnya kalo reason sih banyak ya, mingkin saya sempat pernah baca riset dari McKenzie bahwa 10 sampai 20 tahun ke depan Indonesia akan menjadi negara dengan ekonomi digital yang besar, yang artinya 2030 kebutuhan untuk programmer yaitu akan meningkat sekitar 55%. Nah dari data tersebut kemudian saya memutuskan untuk mencoba mendalami ilmu programming karena demand-nya yang tinggai dan masa depan yang lebih cerah.

Apa tanggapan orang sekitar, ketika Donny akhirnya memilih untuk mengikuti program ini?

Mereka bertanya kenapa sih mau ninggalin zona nyaman? karena di perusahaan yang lama bisa dibilang saya udah lumayan settle. Jawaban saya butuh tantangan baru, dan

untuk mendapatkan sesuatu yang baru, saya tetap harus mengorbankan yang lain pula.

Lagi pula setelah lulus dari program Job Connector Purwadhika dapat dikoneksikan ke perusahaan hiring partner yang mana jadi lebih cepat dapat kerja setelah lulus. Nah dari sini saya melihat resiko luntang-lantungnya lebih kecil, hal ini menjadi alasan saya untuk berani mengambil keputusan untuk resign dari kantor yang lama.

Menurut Donny, apakah dengan belajar di Purwadhika dapat membantu meningkatkan karier?

Ya sangat, karena sebelumnya meskipun saya sama-sama IT tapi tidak terlalu fokus di programming, ketika saya bekerja di Terralogiq yang merupakan salah satu hiring partner Purwadhika, saya jadi lebih tau konsep sebuah pemrogrammannya itu seperti apa dan jadi lebih banyak belajar dari teman-teman di sini. Jadi ya sangat membantu sekali.

Ada tips untuk teman-teman yang ingin beralih karier atau upgrade career?

Shifting career ya, kalau mau shifting career harus berani untuk coba yang baru, jadi kalau kita gak berani untuk terima tantangan yang baru ya percuma juga kita mau pindah ke mana pun. Terus ketika mengikuti program ini jangan dijadiin ajang kompetisi, karena tujian kita di sini sama-sama untuk lulus dan dapat karier baru, jadi makin banyak sharing sama teman-teman semakin bagus.

Untuk kamu yang ingin baralih karier atau meningkatkan karier seperti Donny, Purwadhika memiliki program Job Connector Web & Mobile Development yang dapat kamu lihat di sini.

--

--