Alumni Purwadhika: Cerita Fauzy Menjadi Bagian dari Revolusi Industri 4.0

Purwadhika Digital Technology School
purwadhikaconnect
Published in
3 min readMay 23, 2019

Dunia masa kini memasuki era revolusi industri 4.0 . Pada dasarnya revolusi industri gelombang ke-empat ini hampir sama dengan revolusi industri ketiga, hanya saja perbedaannya terletak pada bersatunya beberapa teknologi sehingga banyak yang bisa langsung dirasakan yaitu munculnya Big Data, Artificial Intelligence, Digital Economy, dan lainnya.

Perubahan ini turut dirasakan oleh salah satu Alumni Purwadhika, Fauzy Caesar yang akhirnya memutuskan bergabung di kelas Job Connector Data Science. Dalam interview yang dilakukan Purwadhika, Fauzy menceritakan perjalanannya dari seorang murid hingga ia mencapai harapannya menjadi salah satu bagian dari revolusi industri 4.0.

Mengapa kamu memilih kelas Data Science?

Saya melihat adanya peluang yang besar untuk dapat
“menjadi bagian dari revolusi industri 4.0”. Oleh sebab itu saya mempersiapkan diri mempelajari software dan tools yang nantinya mampu untuk menunjang karier di masa yang akan datang. Saya memilih program Data Science karena saya sadar bahwa posisi sebagai data scientist menjadi key point untuk menambah profit perusahaan yang dilakukan hanya dengan cara menganalisis data dan dapat memprediksi trend yang sedang happening di masa depan dengan bantuan Machine Learning / Artificial Intelligent.

Pelajaran apa yang yang paling berkesan?

Selama kurang lebih empat bulan belajar di kelas Data Science, menurut saya pembelajaran yang paling menarik dan berkesan adalah pembelajaran mengenai Machine Learning Model.

Menghadapi kesulitan?

Sebenarnya bukan hal yang rahasia lagi bahwa pembelajaran mengenai coding ini menjadi momok bagi sebagian orang. Saya-pun merasakan hal yang sama. Awalnya merasa sedikit kesulitan dalam menguasai pembelajaran Fundamental Programming, namun saya sadar karena kesulitan itu, saya memperbanyak latihan dan membuat diri saya mulai terbiasa dan tidak lagi menjadi kesulitan.

Project apa yang pernah kamu buat?

Project yang saya buat bersangkutan dengan project akhir kelas juga. Saya membuat suatu model untuk memprediksi apakah seorang pengguna Cannabis/ Marijuana type Indica, Sativa, atau Hybrid dengan bantuan Machine Learning Model.

Menjadi bagian dari revolusi industri 4.0?

Setelah saya dinyatakan lulus, saya dan teman- teman mengikuti Hiring Day dan melakukan beberapa interview dengan perusahaan Hiring Partner Purwadhika. Dan alhasil saya diterima di salah satu perusahaan Hiring Partner Purwadhika yaitu Alodokter sebagai Machine Learning Engineer. Melalui ini saya bersyukur dapat mencapai hasil yang saya inginkan yaitu menjadi salah satu bagian dari revolusi industri 4.0 sebagai Machine Learning Engineer.

Apa kesan kamu selama mengikuti program ini?

Program ini menarik karena pengajarya mengajarkan semua materi dari nol hingga ke tahap yang cukup mahir. Dengan mengikuti program ini saya menjadi mampu menguasai dasar dari pemrogramman yang bisa menunjang karier saya dan membantu saya beradaptasi dalam dunia kerja saat ini. Dan melalui proses pembelajaran selama di Purwadhika hingga akhirnya saya dinyatakan lulus, dan di hire oleh Alodokter, saya mendapat dukungan dari teman- teman yang merasa terkagum atas kelulusan yang saya raih karena langung mendapat pekerjaan di perusahaan bonafide.

Apa saran kamu untuk mereka yang juga ingin mengikuti persaingan di industri 4.0 ini?

Saran saya sih untuk mampu bersaing di industri 4.0 ini jangan pernah menyerah dan berhenti belajar karena perkembangan zaman ini sangat cepat berubah dari hari ke hari. Salah satunya dengan membekali diri seperti mengikuti kursus di Purwadhika dan forum pembelajaran lain. Saya-pun merekomendasikan program ini ke teman dan kerabat saya agar millenials masa kini siap menghadapi tantangan revolusi industri 4.0 ini.

Kalau kamu juga sama seperti Fauzy yang ingin menjadi bagian dari revolusi industri 4.0 sebagai Machine Learning Engineer atau Data Scienctist, kamu bisa belajar di kelas Job Connector Data Science yang disediakan oleh Purwadhika Startup and Coding School dan setelah lulus kamu akan disalurkan bekerja di perusahaan hiring partner Purwadhika.

--

--