#StudyAtPurwadhika: Irwan Dulunya Manager Restoran Kini Mengikuti Job Connector Web & Mobile Development

Erica
purwadhikaconnect
Published in
3 min readSep 11, 2019

Irwan Ramadhan sebelumnya sempat bekerja di bidang Food & Baverage selama 4 tahun. Namun panggilan hatinya untuk mempelajari coding semakin kuat dan membuat Irwan mengubah haluan dari menjadi Manager Restoran hingga kini sedang mengikuti program Job Connector Web & Mobile Development di Purwadhika Startup & Coding School.

Sudah 4 tahun bekerja di restoran, lalu kenapa saat ini beralih ke coding?

Saat bekerja di restoran saya sempat berpikir setelah jadi Manager lalu apa? Sepertinya akan stuck sampai di sini, sedangkan saya masih bisa lebih dari ini. Lalu saya mencari apa yang sedang trend saat ini dan saya lihat banyak Software Developer yang dibutuhkan maka dari itu saya memilih belajar coding. Kakak saya saat ini juga sedang bekerja di startup namun di posisi Digital Marketing, sedikit banyak saya juga beralih mengikuti perkembangan zaman karena melihat kakak saya yang terlebih dahulu sudah membawa pengaruh digital skill dalam lingkungan keluarga saya.

Lalu kenapa memilih Purwadhika?

Awalnya belajar otodidak dari situs di Internet selama sebulan, sampai akhirnya mentok dan bingung sendiri harus tanya siapa. Lalu membandingkan sekolah coding di sana sini, kakak saya juga sempat menyarankan untuk belajar di Purwadhika, dan sampailah saya melihat Alumni Story dari Purwadhika Startup & Coding School yang beralih karier. Alumni Story itulah yang membuat saya memutuskan untuk mengambil program Job Connector di Purwadhika.

Ada kesulitan gak dari latar belakang F&B tiba-tiba belajar coding?

Awalnya ada materi fundamental, nah di sini kita yang belum memiliki latar belakang coding atau dari latar belakang berbeda jadi bisa belajar pelan-pelan. Sempet kepikiran nyerah waktu itu, lalu setelah bincang-bincang dengan teman-teman satu kelas ternyata mereka juga merasakan hal yang sama karena background mereka juga berbeda-beda. Kami berjuang bersama-sama, saling bantu, saling support hal ini juga yang menguatkan saya dan teman-teman pada akhirnya hingga saat ini sudah berjalan mendekati 4 bulan, nyaris selesai.

Spot yang paling favorit di Purwadhika?

Di kelas sih. Karena kalau kita lagi ngoding kan pinginnya di tempat yang sepi, tertutup gitu. Kita sering juga kok selesai kelas masih pakai ruangan kelas untuk belajar atau ngerjain tugas sama-sama.

Apa rencana Irwan setelah program selesai?

Setelah program selesai saya ingin mencari pekerjaan seputar coding. Lalu bila tidak dapat, baru saya mengikuti hiring event Purwadhika. Jadi gak sepenuhnya bergantung pada hiring event. Saya yakin bila skill ini benar-benar saya kuasai, akan lebih mudah untuk mencari perusahaan yang saya minati.

Ada pesan untuk yang masih ragu-ragu mengambil program Job Connector Web & Mobile Development di Purwadhika?

Buat yang masih ragu, gak usah ragu lagi sekarang. Banyak juga yang belum punya background coding di sini, jadi untuk kamu yang belum ngerti coding, gak akan sendirian. Saran aja sih, persiapkan latihan logic, banyakin praktek, udah banyak juga kok untuk latihan-latihan dasar di internet. Semangat!

Untuk kamu yang ingin belajar coding seperti Irwan, Purwadhika Startup & Coding School memiliki program Job Connector Web & Mobile Development yang dapat kamu lihat di sini.

--

--