Fitur terbaru Firefox, Tracking Protection

Beberapa waktu lalu Mozilla mengeluarkan update terbaru pada browser Firefox dengan menambahkan fitur Tracking Protection. Dengan fitur ini, pengguna tidak hanya dapat menyembunyikan history dan cookies secara lokal namun juga dapat secara aktif memblokir konten yang dapat merekam kegiatan kita tanpa diketahui.

Fitur Baru Mozilla Firefox, Tracking Protection

Setiap hal yang kita lakukan di internet dicatat dan datanya diolah oleh situs situs seperti Facebook, Google, dll. Hasil dari data yang sudah diolah sangat beragam. Pada Google Search contohnya, hal yang kita cari sebelumnya dapat mempengaruhi hasil pencarian kita di masa yang akan datang. Apabila sebelumnya kita pernah mencari kucing anggora, pada pencarian berikutnya saat kita mengetik kata kucing, kucing anggora akan muncul di usulan pencarian yang pertama. Selain pada Google Search, hal ini juga berlaku pada produk Google lainnya seperti Google Maps dan Gmail.

Facebook juga merupakan salah satu perusahaan yang mencatat semua gerak-gerik anda saat menggunakan layanannya. Data seperti status update, video yang ditonton, lingkaran teman, sampai post yang anda like dicatat oleh Facebook. Data tersebut kemudian diproses untuk menghasilkan usulan kepada pengguna seperti siapa yang sebaiknya anda add, atau post apa yang pertama muncul di news feed.

Gerak-gerik anda juga dicatat di situs e-commerce seperti Amazon. Amazon mencatat produk apa yang anda cari dan kemudian diproses untuk menghasilkan usulan seperti buku apa yang biasanya dibeli bersama buku ini, atau produk apa yang dicari oleh orang setelah melihat produk ini.

Dengan segala kelebihan diatas, kenapa fitur Tracking Protection ini dibuat?

Selain gerak-gerik anda dicatat oleh website yang anda kunjungi, ada kemungkinan dimana gerak-gerik anda juga dicatat oleh pihak ketiga yang terpisah dari website yang sedang anda kunjungi. Hal ini dapat terjadi tanpa anda ketahui ketika sedang berselancar di internet. Ada beberapa konten seperti iklan yang melacak gerak-gerik pengunjung untuk menentukan iklan apa yang akan ditampilkan kedepannya. Selain itu beberapa tombol share social media juga melacak gerak-gerik anda tanpa diketahui.

Fitur Tracking Protection ini akan memblokir semua konten pihak ketiga yang melacak gerak-gerik pengunjung saat mengunjungi sebuah website. Perlu ditekankan bahwa fitur ini berbeda dengan ad-blocker. Fitur ini tidak memblokir semua iklan, melainkan hanya iklan yang melacak gerak-gerik pengunjung.

Selain itu, fitur ini tidak membuat anda menjadi sama sekali tidak bisa dilacak. Apapun yang anda lakukan dan website apapun yang anda buka masih dapat dilihat oleh ISP maupun network administrator anda. Untungnya, mereka tidak peduli apa yang anda lakukan selama anda tidak melakukan tindakan kriminal.

Selebihnya kembali lagi kepada kita sebagai pengguna, kita yang harus menentukan kapan kita menggunakan fitur ini untuk bisa mendapatkan pengalaman browsing yang maksimal.