Lunch after Hackaton — psst we had not took bath

Weekly Report #7 — Mid Term Test — Iddad

Setelah dilanda badai tugas perkuliahan mata kuliah lain — read Weekly Report #6 — perjuangan untuk bertahan di semester 6 ini tidak berakhir disitu, kami para mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia disambut dengan ujian tengah semester selama kurang lebih dua minggu. Untuk itu kami melakukan break atau menghentikan kegiatan sprint kami selama pelaksanaan uts berlangsung.

Setelah satu minggu yang cukup padat — 4 mata kuliah dalam 3 hari berturut-turut — kami melangsungkan hackaton dari hari Sabtu 2 April 2016 pukul 18.00 hingga keesokan harinya Minggu 3 April jam 11.00 pagi. Hal yang saya kerjakan selama hackaton berlangsung adalah, melengkapi dokumen yang belum lengkap termasuk melakukan fiksasi terhadap skema database yang digunakan serta menentukan hal-hal yang perlu ditanyakan seputar database ke happyfresh.

Selain itu saya melakukan impelementasi 5 table basisdata kedalam SQLite yang sudah terintegrasi dengan Aplikasi Ruby on Rails Happy Stock. Selain implementasi basis data saya juga melakukan implementasi foreign key terhadap beberapa tabel. Dikarenakan bentuk implementasi yang sedikit berbeda dibandingkan Sql yang dipelajari di matakuliah basis data dan SQLite yang kami gunakan, sebelum implementasi saya melakukan adaptasi terhadap syntax yang digunakan. Seperti membuat database melalui migrate untuk di-generate. Serta pengimplementasian foreign key n-1 dengan has_many: dan belongs_to.

Migrate Example
Model Example

Setelah hackaton tersebut saya kembali berfokus ke sprint pada Kamis malam, setelah ada kesibukan dari siang, saya mengerjakan implementasi query box seperti search dan sort untuk data OOS rate yang ditampilkan oleh aplikasi kami. Meski begitu setelah berjam-jam menghabiskan waktu mengutak-atik kodingan dan mempelajari berbagai hal baru mengenai ruby on rails fitur yang harus saya implementasi tidak selesai hingga hari minggu. Hingga akhirnya saya menyadari bahwa pemahaman saya terhadap fitur yang diminta cukup berbeda — yang nyatanya lebih sederhana — dan dengan segenap tenaga yang tersisa saya menyelesaikan fitur yang saya lakukan pada dini hari.