Weekly Report #8 — Niken

Senin 11 April 2016 di pagi hari, saat di kelas, kami melakukan sprint retrospective. Lalu pukul 7 malam kami berkumpul lagi, saya dan RedPanda (Shylla, Firza, Iddad) berkumpul di MIC untuk sprint planning. Karena pada sprint lalu kami belum menjalankan scrum dengan benar, maka kami menata ulang product backlog dan task-task yang tersisa. Kami memutuskan untuk pindah dari Trello ke Pivotal Tracker dengan pertimbangan pivotal tracker memiliki pengaturan velocity yang otomatis dan lebih rapih dibanding Trello. Malam itu juga kami menentukan backlog yang akan dikerjakan pada sprint ini. Karena terlalu lama diskusi dan sudah malam, kami memutuskan untuk pulang dan melanjutkan besok siang.

Selasa siang jam 12 di MIC. Saya, Irfan, Tere, Shylla, Firza, Iddad melanjutkan migrasi dari Trello ke Pivotal Tracker dan melanjutkan pembagian backlog. Setelah semua selesai, kami mengambil task masing-masing. Saya mengambil tugas untuk implementasi perhitungan efisiensi sistem.

Jumat siang jam 2 seperti biasa kami mentoring ke HF. Di sana kami melakukan Sprint review yang sebelumnya sempat tertunda. RedPanda presentasi di depan CTO HF dan para mentor PPL dari HF. Mereka bilang ide perhitungan OOS kami cukup menarik dan bisa dipakai oleh mereka. Point yang bagus adalah saat perhitungan kami hanya cukup dilakukan sekali dan pada item tertentu/yang memiliki transaksi baru saja, sehingga komputasinya lebih murah.

bersama kak Pepe, habis itu diajak keliling HF

Selesai dari HF, RedPanda (tanpa Firza) makan-makan di Perang Kerang. Kita makan menu di 3 tempat makan sekaligus, Perang Kerang, Pancong Lava, dan Angkringan wkwkwk.. Seru bangett

comot comot udah kek keluarga

Setelah sprint review kami melanjutkan mentoring dengan Mas Faren. Saya menanyakan ke mas Faren mengenai tabel Taxons yang sebelumnya saya tahan karena bingung dengan atribut-atributnya. Setelah itu saya jadi mengerti kegunaan tabel Taxons. Tabel Taxons adalah tabel yang dinamis (kata Mas Faren). Bentuk data pada tabel Taxons sebenarnya menyerupai tree, maka dari itu ada atribut parent_ID pada tabel tersebut.

Mas Boy yang saat itu baru datang kemudian meminta kami kembali untuk menjelaskan hasil sprint kemarin. Setelah saya menjelaskan kepada mas Boy, beliau memberikan sedikit masukan. Ia bilang seandainya saja OOS rate suatu item bisa dilihat trend-nya dari waktu ke waktu. Sebenarya itu adalah ide yang sangat bagus, namun ada 200.000 item di HF, jika kita harus menyimpan pula OOS ratenya setiap hari tentu akan menggunakan banyak memori penyimpanan. Hal ini akan saya diskusikan lagi ke teman-teman unutk dipertimbangkan.

Jujur saya kesulitan untuk melakukan sprint minggu ini karena waktu saya tersita untuk matakuliah lain yang banyak mengeluarkan tugas. Sabtu saya full juga dengan dekan cup, saya baru bisa mengerjakan tugas hari minggu. Selain itu, project HappyStock sedang error di saya karena baru saja berganti dbms ke PostgreSQL, saya akan cari tau secepatnya apa penyebab errornya.

Pada hari minggu malam saya membaca-baca kembali tabel taxon nya kemudian saya tambahkan ke skema database kami. Tabel taxon sekarang sudah jelas, kegunaanya untuk mengkategorikan item, setiap kategori bisa memiliki kategori lagi sehingga bentuknya berupa tree. Contoh:

Kategori
— — Makanan
— — — — Buah
— — — — Snacks
— — — — — — Biskuit
— — Pakaian
— — — — Wanita
— — — — Pria

Berikut adalah tabel yang sudah saya tambahkan:

Spree_Taxons dan Spree_Taxonomies

Selain membuat tabel tersebut saya juga berusaha mencari tahu kenapa Project-nya error. Karena dugaan pertama saya adalah saya blm install Postgresql, maka dari itu saya menginstallnya. Bodohnya…. Saya kira pengaturan port Postgresnya disamakan dgn port Rail, yaitu 3000…

Alhasil saya kena error ini

Kemudian saya langsung mengganti portnya menjadi 5432 (random saja) dan merestart komputernya. Setelah itu masih saja error, tetapi errornya berbeda

Sepertinya karena password superuser nya belum saya setting. Saya kemudian mencari tau di google caranya. Di stackoverflow, saya dikasih tau bahwa pg_hba.config saya harus diubah konfigurasinya, menjadi seperti ini:

# TYPE  DATABASE        USER            ADDRESS                 METHOD

# "local" is for Unix domain socket connections only
local all all trust
# IPv4 local connections:
host all all 127.0.0.1/32 trust

Tetapi saya malah dapat error lain:

Karena sudah terlalu malam saya belum menemukan solusinya maka saya putuskan untuk istirahat dan lanjutkan besok.

Karena beberapa hari begadang dan terlalu banyak pekerjaan saya jadi sedikit sakit :”) semoga saya bisa kembali sehat agar bisa menjalankan PPL dengan baik.