Kertas Segiempat

Mohammad Salman Subki
Rehat Sejenak
Published in
2 min readAug 31, 2019

Dulu, gua termasuk orang yang apatis terhadap ‘penghargaan’ kepada orang lain. Gua menganggap, bahwa hal tersebut tidak perlu dilakukan secara nyata; cukup didalam hati dan pikiran saja. Toh hubungan gua dengan orang tersebut baik-baik aja kok. Gak perlu ribet-ribet buat nyatakan terimakasih dan ngehargain orang lain. Ini berjalan hingga gua lulus SMA.

Masuk kuliah, gua ngerasa temen gua yang bener-bener deket cuma itu-itu aja. Gua iri sama orang lain yang punya banyak temen deket. Bahkan, orang yang gua anggap sebagai temen deketpun, ternyata punya banyak temen deketnya lain. Gua selalu bertanya-tanya, kenapasih mereka bisa gitu? Apa ada yang salah dari diri gua?

Kalo ditilik-tilik dari gua kecil, jujur gua emang punya banyak teman, tapi hanya sekadar ‘teman’. Gua gapunya temen yang bisa ‘longlast’ komunikasinya dengan gua, paling banter temen SMA. Entah ini pikiran gua aja atau gimana, tapi daridulu gua belum pernah diperlakukan spesial oleh temen-temen gua; seperti disurprise, dibeliin sesuatu, atau sekadar dicariin ketika ‘ngilang’ baik secara nyata/maya. Oke mungkin agak lebay, tapi gua rasa ini ada kaitannya dengan ‘penghargaan terhadap orang lain’ atau bisa gua bilang sebagai ‘asas feedback’.

Hmm.. menarik. Setelah mempelajari serangkaian peristiwa pertemanan dan gua mengubahnya semenjak kuliah, gua bisa menemukan konklusi yang seharusnya gua lakukan sejak dulu. ‘Kalo lo kasih penghargaan ke orang lain, orang itu juga bakal ngasih penghargaan balik ke lo’. Jangan apatis! Inisiatif! Kalo lo ngga mau bangun hubungan secara cuma-cuma dengan orang, bikinlah hubungan tersebut sebagai sebuah hal yang berharga. Trend anak muda jaman sekarang adalah ngasih sticky notes ke orang yang mereka anggap berharga. Awalnya gua ngira ‘apaansi cringe beut ngasi2 kek gituan’. Tapi setelah gua mencobanya…. Its work! Gua mendapat penghargaan balik dari orang, mulai dari dikasih makanan, sekadar senyuman, atau sticky notes itu di-snapgram-kan. Perasaan gua seseneng itu. Gua belum pernah tuh sebelumnya kaya gini. Bersyukur juga akhirnya diri gua bisa berubah dari yang apatis menjadi seperti ini hehehe.

Gua akhirnya dapet pelajaran yang sangat berharga. Gua harus bisa menghargai orang dan sebisa mungkin gua yang memulainya. Disini gua bukannya mau banget sok dihargai atau apa, tapi gua dapet pelajaran bahwa hal yang gua lakukan dulu itu salah, gak harusnya gitu ke orang kalo mau bangun relasi yang baik.

Semoga gua bisa lebih baik kedepannya. Terus jalin komunikasi dengan teman. Mulai duluan, jangan apatis, man.

‘Jangan berharap orang memulai, mulailah dari dirimu sendiri’

--

--