Bertumbuh Setelah Baca “Atomic Habits”

Deni Ramdani
REVIEW BUKU
Published in
3 min readSep 22, 2023

Baca buku itu percuma kalo gak bisa belajar dari isinya atau gak bisa mengaplikasikan insight dari buku tersebut, atau setidaknya nyoba deh. Nah di sini gue mau nyoba sharing insight dari buku “Atomic Habits” karyanya James Clear.

Ini penampakan bukunya versi B. Inggris, tapi yang gue baca B. Indonesianya.

Di buku itu dijelasin kalo aktivitas kita sehari-hari itu merupakan kumpulan kebiasaan-kebiasaan, mau itu baik atau buruk. Nah setiap kebiasaan itu punya siklus-siklusnya yang sebenernya terinspirasi dari buku “The Power of Habit” karyanya Charles Duhigg. Siklus kebiasaan menurut James Clear ini ada empat: tanda (cue), mengidam (craving), respon (response), dan ganjaran (reward).

Siklus kebiasaan di buku “Atomic Habits”

Cue: informasi yang lu indera sehingga memicu lu mau ngelakuin sesuatu. Biasanya tanda ini tuh berkaitan sama waktu, lokasi, keadaan emosional, dan orang lain. Contohnya, kalo kamar lu gelap.
Craving: keinginan lu buat dapet ganjaran (ganjarannya udah ada diotak lu, jadi lu punya prediksi gitu, bakalan dapet apa) dari yang lu lakuin. Ini tuh bisa disebabkan keadaan yang pengen lu ubah karena dapet tanda tertentu. Contohnya, karena kamar lu gelap, lu jadi punya keinginan buat ngubah keadaan jadi terang.
Response: aksi lu buat ngedapetin ganjaran. Contohnya, lu nyalain lampu kamar.
Rewards: ganjaran yang lu dapet dari aksi lu. Contohnya, kamar lu jadi terang.

Berdasarkan siklus kebiasaan itu, kita bisa nge-hack perilaku kita biar tumbuh kebiasaan, yaitu make it obvious (jelas), attractive (menarik), easy (mudah), and satisfying (memuaskan). Biar gak omong dong ‘kan ya, so-so-an sharing insight buku. Yaudeh gue kasih tahu rencana ngelakuin kebiasaan baru. Jadi gue itu rencananya mau ngebiasain jogging target sementara 2 km setiap pekan. Sebelum gue punya rencana, gue indentifikasi dulu nih kebiasaan baca buku gue. Bener gak sih yang dijelasin di buku tentang siklus kebiasaan.

Nah ternyata, siklus kebiasaan baca buku gue tuh gini:
Cue: baca buku itu udah jadi rutin pagi gue, dan lokasinya biasanya di meja belajar, atau emotional state gue lagi jenuh ngerjain sesuatu.
Craving: ada keinginan gue tahu kelanjutan atau isi buku yang lagi gue baca.
Response: buku yang belum selesai gue baca biasanya gue geletakin di sebelah keyboard jadi ‘kan gampang ya, nah terus gue baca deh bukunya.
Rewards: gue dapet sesuatu yang baru dari buku itu, kalo buku fiksi gue dapet pelajaran baru, sama diksi baru, kalo buku non fiksi gue dapet perspektif baru, atau pengetahuan baru tentang sesuatu. Menurut gue itu satisfying, tiap orang bisa beda-beda. Jadi habis ini coba lu identifikasi kebiasaan lu.

Balik lagi ke rencana gue buat ngebiasain jogging tiap pekan. Jadi gini strategi gue:
Make it obvious: gue komitmen buat jogging hari Jumat jam 6-an lah. Terus gue track calon habit gue pake aplikasi gitu.
Make it attractive: biar menarik gue kawinin dengan aktivitas yang gue suka (yang memungkinkan) karena gue suka dengerin musik atau podcast kalo jalan kaki, yaudah sambil jogging gue dengerin musik atau podcast.
Make it easy: nah gue tuh tipe yang kalo pagi hari gak ngejalanin rutin pagi, suka jadi rebahan, males-malesan, scrolling-scrolling gitu. Jadi setelah ngelakuin rutin pagi, gue langsung ganti baju buat lari.
Make it satisfying: gue ngeganjar gue sendiri dengan checklist di aplikasi habit tracking sama ngebolehin makan yang pengen di makan. Tiap orang beda-beda ngerasain satisfying tapi kalo lu udah coba dan gak berhasil di lu. Berarti bisa jadi lu belom satisfying setelah ngelakuin aktivitasnya.

Ini aplikasi yang ngetrack jogging gue

“What is immediately rewarded is repeated. What is immediately punished is avoided.”
James Clear

Ini dashboard dari habit tracking yang gue pake

Jadi gitu pengalaman gue buat numbuhin kebiasaan. Mungkin sampai sekarang belum jadi kebiasaan, tapi masih proses. Gue ngejelasin cuma poin cara numbuhin kebiasaannya aja, kalo lengkapnya coba lu baca.

--

--