Dari Program Kerja ke Publikasi Ilmiah

Faizal Chan.
Risetnya Mfc
Published in
2 min readMar 23, 2020

Mfc, Bandung - Menyambung paragraf akhir dari tulisan saya terdahulu, saya pernah melakukan penelitian terkait website organisasi mahasiswa yang niatnya akan dipublikasikan dalam bentuk artikel jurnal. Alhamdulillah, keinginan tersebut sudah terlaksana dengan terbitnya artikel ilmiah berjudul “Analisis Kualitas Website Dewan Perwakilan Mahasiswa Universitas Telkom Menggunakan WebQual 4.0”.

Penelitian ini sebenarnya dilandasi sedikit rasa penasaran dan iseng, serta pada saat itu saya masih mencari-cari topik yang sesuai untuk saya angkat ke dalam “tesis”, istilah dari penelitian tugas akhir di jenjang strata dua. Setelah melewati beberapa pertimbangan, saya memperkirakan bahwa untuk tesis saya nantinya akan memodifikasi instrumen WebQual 4.0, yakni sebuah instrumen yang didesain untuk menilai kualitas dari sebuah website berdasarkan usability, information quality, dan service interaction quality (Barnes & Vidgen, 2003).

Mungkin ada yang bertanya, mengapa harus website Dewan Perwakilan Mahasiswa Keluarga Mahasiswa Universitas Telkom? Mungkin jawaban sederhananya adalah pada saat itu saya tengah menjabat di organisasi tersebut, kami mengelola sebuah website sebagai media aspirasi dan publikasi informasi yang nantinya akan dilaporkan sebagai program kerja, serta pemikiran saya untuk memanfaatkan akses dan peluang yang ada saat itu. Hal ini tentu diiringi dengan semangat untuk menelurkan manfaat, baik untuk diri sendiri maupun mahasiswa lain yang tergabung di dalam organisasi tersebut.

Saya merasa bahwa penelitian “iseng” ini akan membawa beberapa manfaat, seperti di antaranya :

  1. Sarana saya untuk belajar untuk menggunakan instrumen WebQual 4.0, yang rencananya akan saya gunakan kembali pada tesis
  2. Latihan menulis artikel ilmiah secara baik dan benar, karena saya melakukan praktik langsung dan direview oleh ahli di bidangnya
  3. Menambah “portofolio karya” saya dalam bidang publikasi ilmiah
  4. Sebagai landasan kuat untuk menuliskan saran pengembangan di laporan kerja Dewan Perwakilan Mahasiswa Keluarga Mahasiswa Universitas Telkom periode 2018

Untuk poin keempat di atas, besar harapan saya agar banyak adik-adik yang terbantu serta termotivasi untuk melakukan hal yang sama atau lebih membangun dari apa yang sudah saya lakukan. Karena sejatinya, masa-masa kuliah adalah masa-masanya mahasiswa belajar, dan jangan sampai saat nanti kita lulus dan melepas status mahasiswa, kita membawa penyesalan karena merasa masih kurang eksploratif pada saat berkuliah dulu.

Sumber :

  • Barnes, S. J., & Vidgen, R. (2003). Measuring Website Quality Improvements : A Case Study of the Forum on Strategic Management Knowledge Exchange. Industrial Management & Data Systems, 103(5), 297–309. https://doi.org/10.1108/02635570310477352
  • Faizal, M. (2019). Analisis Kualitas Website Dewan Perwakilan Mahasiswa Universitas Telkom Menggunakan WebQual 4.0. Jurnal Manajemen Maranatha, 19(1), 49–60. https://doi.org/10.28932/jmm.v19i1.1037

--

--

Faizal Chan.
Risetnya Mfc

Actually a UX researcher, but often work as UX engineer. Jack of all trades, Master of Management.