Arti Satu Angkatan

Jika tua nanti kita t’lah hidup masing-masing, ingatlah hari ini

Kubu-kubu dalam suatu angkatan atau kelas atau suatu perkumpulan orang itu merupakan sesuatu yang normal. Tidak semua orang punya minat, tujuan, atau selera humor yang sama. Kalau begitu apalah arti satu angkatan? Mengapa tidak kubu-kubu itu berpisah masing-masing dan membuat angkatan mereka sendiri? (Ga gitu juga sih).

Untuk membuat angkatan yang satu perlulah satu tujuan yang sama. Ya jelas, ibarat jika saya ke ingin ke Jogja dan kamu ke Jakarta, ngapain saya lewat tol cikampek. Contoh lain adalah ketika Indonesia dijajah Belanda. Indonesia memiliki satu tujuan: memusnahkan Belanda dari tanah air kita, namun ketika Belanda sudah hilang, ya tahu lah sekarang seperti apa.

Kita, Sadeva Satyagraha memiliki satu kesamaan. Kita adalah mahasiswa planologi Institut Teknologi Bandung, which means derita akademis kamu sama seperti derita akademis aku. Apa yang kamu lalui di Planologi akan kita semua lalui. Bagaikan Indonesia dan Belanda, sadeva itu Indonesia, dan ITB itu Belanda. Kita harus bersatu agar sama-sama kita lulus bareng.

Namun arti sebenarnya bukan di situ…

Orang tua saya pernah bercerita bahwa betapa pentingnya jaringan dan teman dalam hidup. Ketika orang tua saya butuh ini, kontak si A. Ketika harus ini, kontak si B. Begitu juga teman-teman orang tua saya.

Melihat itu, mungkin kita belum mengerti apa itu arti satu angkatan, karena kita belum merasakan jahat dan pahitnya dunia orang dewasa. Namun angkatan terbuat dari cerita dan penderitaan yang akan kita lalui sampai (insyaAllah amin) kita lulus dalam 4 tahun di ITB. Atas dasar cerita dan derita kita bersama, kita akan lebih mudah membatu satu sama lain dalam hidup kita nanti saat lulus dan berkeluarga.

Jadi apa itu arti Satu Angkatan?

Kita rasakan saja 10–20 tahun lagi ketika kita sudah sukses menjadi seseorang yang berpengaruh dalam pembangunan dan perkembangaan Indonesia. Ketika kita butuh satu sama lain untuk berjuang dalam hidup.

Terimakasih.

Sutan Ashari Mufti

15414055