Sense of Community

Sense of Community (SOC) telah banyak menarik perhatian para ahli beberapa tahun silam. Salah satu peneliti yang meneliti SOC adalah McMillan & Chavis (1986) . Menurut mereka, SOC adalah perasaan dimana sekelompok orang saling memiliki, dan merasa saling ketergantungan satu sama lain, dan percaya bahwa kebutuhan mereka akan terpenuhi melalui komitmen bersama . SOC sendiri sangat dibutuhkan dalam sebuah komunitas karena mempengaruhi kualitas dan kinerja. Ada 4 faktor yang membuat SOC, yaitu

- keanggotaan , daerah perbatasan , kepunyaan dan lambang kelompok,

- pengaruh dalam hal memaksakan dan menentang norma,

- pertukaran semangat antara para anggota, dan

- berbagi hubungan emosional antara para anggota.

SOC sendiri dapat menaikkan kepuasan dalam bekerja dan perilaku berorganisasi , kesetiaan , menjadi warga negara yang baik, mementingkan kepentingan oranglain dan kesopanan ( Burroughs & Eby , 1998 ) .

Saya dapat menganolgikan SOC adalah sebuah kayuhan sepeda dari seseorang yang ingin mencapai suatu tempat. Sepeda adalah wadah atau komunitas , orang tersebut adalah anggota dari sebuah komunitas , hasil kayuhannya adalah SOC dan tempat adalah tujuan yang hendak dicapai dalam sebuah komunitas. Semua komponen tersebut haruslah lengkap dan tidak boleh terpisahkan satu sama lainnya. Untuk tetap berjalan, sebuah sepeda harus tetap dikayuh. Yang menciptakan pergerakan adalah pengemudi sepeda itu sendiri yang dipenuhi oleh perasaan atau semangat ingin segera sampai ke tujuan.Semakin kuat hasil kayuhan yang dilakukan pengemudi sepeda, maka akan semakin cepat ia mencapai tempat yang dikehendakinya. Dalam mengayuh sepeda, badan harus seimbang dan tidak boleh berat sebelah agar tetap stabil, hal ini menggambarkan peran masing-masing individu yang harus saling merata serta kolaborasi yang saling menguatkan . Semangat dan rasa memiliki dari anggota merupakan energi yang mampu menggerakkan sebuah komunitas untuk mencapai tujuannya.

One clap, two clap, three clap, forty?

By clapping more or less, you can signal to us which stories really stand out.