Deklarasi: Saya Golput

Pernyataan diri untuk golput di pemilu 2019

Saya Golput
Feb 20 · 2 min read

Memilih untuk tidak memilih atau menjadi golongan putih (golput) merupakan bagian dari hak politik yang dilindungi oleh UUD NRI 1945, UU Hak Asasi Manusia, dan Kovenan Internasional Hak-Hak Sipil dan Politik.

Sebab itu; memilih, menyatakan, dan mengampanyekan golput bukanlah tindakan melanggar hukum, dan sudah seharusnya pilihan untuk golput atau mengampanyekan golput dihormati oleh pihak manapun.

Ada beragam alasan seseorang memilih golput; baik karena ketidakpuasan terhadap calon-calon yang ada, tidak sepakat dengan sistem politik dan elektoral yang diselenggarakan selama ini, maupun karena merasa pemilihan tidak relevan dengan kebutuhan hidup dan keseharian mereka sebagai warga. Apapun alasannya, hak untuk golput dan mengampanyekan golput tetap TIDAK boleh dilanggar oleh siapapun.

Dengan ini, saya yang bertandatangan di bawah menyatakan diri GOLPUT pada Pemilihan Umum 2019. Pilihan rasional ini saya rasa harus diambil untuk memulai kembali ikhtiar menuju demokrasi yang lebih substansial; dan untuk menolak demokrasi jadi-jadian dengan pilihan calon medioker hasil politik transaksional oligarki yang nihil komitmen dalam isu HAM, korup, tidak pro-lingkungan hidup dan tak memiliki tawaran alternatif berarti untuk menjawab berbagai persoalan pelik Republik.

SAYA GOLPUT dan mengambil keputusan ini murni atas kesadaran pribadi, tanpa paksaan dari pihak manapun, dan tanpa bertujuan untuk menguntungkan kubu atau calon tertentu.

SAYA GOLPUT dan memahami sepenuhnya bahwa golput bukanlah tujuan akhir, melainkan sekadar awal dari protes saya terhadap kondisi politik hari ini. Saya menyadari bahwa kritisisme warga yang sanggup melampaui momen Pemilihan Umum amat penting untuk dijaga. Oleh karenanya, saya akan tetap mengambil sikap kritis, terlepas dari siapapun yang terpilih dalam Pemilihan Umum nanti.

SAYA GOLPUT dan menyatakan kesiapan diri untuk turut serta dalam upaya menjalin solidaritas bersama segenap warga lainnya, sehingga dapat terwujud kekuatan politik riil untuk memperjuangkan pemenuhan hak warga dan melanjutkan cita-cita akan kehidupan demokrasi yang lebih baik di masa depan.

Tertanda,

(isi dengan namamu sendiri)

SayaGolput

SayaGolput adalah gerakan warga yang memilih untuk tidak memilih sebagai upaya untuk memulai kembali ikhtiar menuju demokrasi yang lebih substansial.

Saya Golput

Written by

Memilih untuk tidak memilih untuk memulai kembali ikhtiar menuju demokrasi yang lebih subtansial.

SayaGolput

SayaGolput adalah gerakan warga yang memilih untuk tidak memilih sebagai upaya untuk memulai kembali ikhtiar menuju demokrasi yang lebih substansial.

Welcome to a place where words matter. On Medium, smart voices and original ideas take center stage - with no ads in sight. Watch
Follow all the topics you care about, and we’ll deliver the best stories for you to your homepage and inbox. Explore
Get unlimited access to the best stories on Medium — and support writers while you’re at it. Just $5/month. Upgrade