Kalori untuk Hutan

Faiza Fauziah
Sour and Sugar
Published in
2 min readOct 10, 2020

Refleksi dan curcol 😁

Dari sepekan lalu saya ikut challenge Kalori untuk Hutan. Jadi dengan berolah-raga jenis apapun, kalorinya akan dikonversi dan disumbangkan untuk donasi penjagaan hutan di aceh.

Sebagai progress, alhamdulillah di hari ke-6 saya sudah mencapai 1000kalori 😆. Karena target saya ikut program ini adalah nyumbang 1000kalori. Ini buktinya:

Di luar kalori dan challenge yang saya ikuti, saya juga mau sharing, hikmah dan refleksi yang saya dapat selama sepekan ini:

Sumber Motivasi

Motivasi akan didapat, jika kita memahami 1) mengapa kita melakukan ini 2) yang kita lakukan akan membawa kebaikan yang lebih luas

  • Refleksi: Selama ini saya paling males kalau gerak, malas kalau olahraga, jenuh juga.. dengan jelas nih tujuan saya gerak buat amal ke hutan, justru jadi semangat banget ngerjainnya.
  • Hikmah: Ternyata kalau purposenya jelas, why-nya jelas, juga manfaatnya bukan buat diri sendiri.. Ini tuh bisa bikin kita lebih semangat.
  • What’s next? Ayo kalau ilang motivasi kerja dan belajar, ingat niat, why-nya, sama siapa yang akan merasa manfaatnya... Misal: saya kudu belajar lebih giat nih, supaya banyak ilmu yang bisa saya sebarkan, supaya bisa memberikan perubahan buat lingkungan Indonesia kedepannya.

Sumber Mental BreakDown

  • Refleksi: Urutan lari saya ke-123. Awalnya saya mau berambisi “ah gw harus urutan 100 besar nih". Tapi setelah dipikir lagi, buat apa? Buat apa manfaat gw ngejer jadi top 100 kalau hanya buat ngejer ego. Tujuan objektif awal gw jelas, ngejer kalori aja sampai 1000 aja udah syukur. Alhasil gw tenang di posisi lari manapun selama target pribadi saya tercapai.
  • Hikmah: Pernah ga sih kita iri hati dengan kehidupan orang lain? Salah satunya karena kita ga punya definisi dan indikator yang jelas dalam mengukur hidup. Jadi kecele dikit sama pencapaian orang lain,langsung sesak.
  • Hidup saya tuh gampang bangeet ke distariksi apalagi pas buka LinkedIn dan instagram. Akarnya apa? Karena saya ga punya definisi yang jelas.. apa sih yang mau saya capai. Jadinya patokannya hanya ngikut dan ngejer standar orang lain. which is totally wrong..
  • What’s Next: Kudu banget niih nentuin indikator dari tiap asoek hidup. Dari mulai pengembangan diri, karir, kesehatan hingga finansial.biar ga gampang keganggu dama rumput tetangga. 😂

Konsisten

  • Refleksi: Awalnya saya pikir.. wah ga mungkin nih bisa 1000kalori. Apalagi saya kan jarang olahraha. Eh.. ternyata kalau saya nyicil tiap hari, alhamdulillah kerasa ringan bangeet.. Dam ternyata hanya dalam 1 minggu target saya sudah tercapai.
  • Hikmah: Small thing matters.. small activity matter.. Dikit dikit tuh kan jadi bukit.
  • Whats next: Jangan mikir panjang. Lakuin aja dulu. Dikit2 dan perlu disempetin.

--

--

Faiza Fauziah
Sour and Sugar

Writing about environment, islamic lecture and personal reflection. Currently studying about Islam to find personal placidity.