Mulai dari Inspect Element, Cerita Thomson

Kenalkan Mas Thomson atau yang di sosial media lebih mudah ditemukan dengan nama Nicho Farlan. Member sekolahkoding asal Riau ini baru aja selesai kuliah dari salah satu PTS di Pekanbaru.

Thomson

“Saya mengambil program 2 tahun siap bekerja, dan ternyata benar sekarang saya telah bekerja disalah satu perusahaan startup yang ada disini. Eits tapi tunggu dulu, tidak sesingkat itu perjalanan saya untuk bisa dapat pekerjaan yang berhubungan dengan koding, dan tidak sepenuhnya juga saya dapatkan ilmunya dari bangku kuliah, meskipun saya mengambil jurusan informatika komputer”.

Kita ngobrol lebih lanjut yuk gimana Thomson bisa dapetin kerjanya, ketika ada banyak lulusan kuliah bahkan informatika yang bingung tidak mendapat pekerjaan setelah selesai kuliah.

Halo gan! kesibukan sekarang apa nih?

Hai, kesibukan saya sekarang selain bekerja adalah masih terus belajar koding, lah kan udah kerja kok masih belajar? Iya karna koding gak ada habisnya, satu baris koding yang sama bisa di implementasikan ke hal-hal lain, dan masih banyak yang ingin saya ketahui tentang koding.

Buktinya saja saya masih sering nanya-nanya diforum, baik di sekolah koding, maupun di forum-forum lain seperti stack overflow. Selama kita hidup gak ada yang namanya cukup dalam belajar. Dan biar nggak lupa, kita harus sering mengulang-ulang apa yang pernah kita pelajari.

Kesibukan lain, saya sedang coba-coba belajar menggunakan linux, OS open source yang lumayan bikin penasaran. Berharap di sekolah koding ada video tutorialnya :D, atau barangkali dari teman-teman disini ada yang mau ngajarin ?☺

Awal ketemu dunia koding kapan dan dimana?

Pertama kali ketemu koding adalah ketika saya sedang browsing di lab sekolah, waktu itu entah pas nyari apa, kalau gak salah mau ambil gambar gitu, saya klik kanan gak ada tulisan ‘save Image as’ coba klik view page source dan di sana saya saya menemukan barisan koding yang sangat banyak dan saya gak paham sama sekali, tapi saya menemukan seperti link yang menyertakan nama gambar berformat .jpg dan pas diklik langsung muncul gambar yang ingin saya simpan tadi.

Dari situ saya mulai mencoba fitur-fitur yang ada di browser seperti ‘inspect element’ untuk mengubah warna tulisan di halaman sebuah website, namun pas di refresh balik lagi ke awal, lalu saya mencari-cari di internet dengan cara copas langsung koding nya di google, disitulah saya tau kalau yang oprek-oprek itu namanya HTML. Dan bisa dijalankan secara ofline dan di tulis dengan text editor notepad++.

Kemudian saya mulai membuat seperti biodata dengan HTML dan lain-lain sebagainya. Pernah buat blog juga karna penasaran seperti apa orang membuat tulisan-tulisan yang saya baca di internet, banyak juga ber-experiment waktu nge-blog, seperti ganti-ganti template, mengubah font dan-lain-lain.

Namun saya kebingungan saat mulai membaca Javascript, Php dan tentang database, akhirnya saya mulai putus asa untuk mempelajari koding, karena rasanya sangat sulit kalau sudah berurusan dengan web dinamis, akhirnya ilmu saya sampai disitu-situ aja. Singkat cerita saya lulus SMK dan melanjutkan ke bangku kuliah, saya mengambil jurusan Informatika Komputer.

Mulai serius di dunia koding kapan dan kenapa ?

Awal masuk kuliah tidak ada pelajaran web develop, hanya ada algoritma ☹.

Disitu saya makin puyeng, nyari tutorial berbentuk teks gak bisa menyelesaikan masalah, akhirnya saya coba nyari di Youtube, disanalah saya menemukan video tutorial dari sekolah koding, dan uniknya channel satu ini menyajikan tutorial dengan terstruktur di dalam sebuah playlist, itu memudahkan saya untuk mengikuti langkah demi langkah menuju dunia koding yang sesungguhnya !. kemudian saya juga mengakses website sekolahkoding.com . wah lebih lengkap lagi, ada HTML,CSS,JS,PHP,SQL. Ada juga forum buat nanya-nanya kalau kebingungan.

Sampailah saya di video dengan lambang gembok, wow ternyata itu video premium, disinilah saya memutuskan untuk mengambil langkah, bahwa saya ingin serius terjun di dunia koding, saya harus berani mengambil tindakan, dan saya yakin bahwa koding bisa menjadi bekal saya nanti dikemudian hari.

Waktu itu saya belum memiliki rekening bank, namun karena udah niat banget saya akhirnya nekat pergi ke bank dan membawa nominal yang dibutuhkan untuk menjadi premium member, kalau gak salah sekitar 75rb atau berapa lah, lalu saya bilang ke teller bahwa saya ingin transfer uang. Ditanya no KTP? Saya bilang belum ada, karena memang waktu itu sedang dalam pengurusan. Namun entah gimana jadinya bisa juga transfer uangnya. ☺

Setelah saya menjadi premium member, saya pelajari video-video nya dengan serius, di kuliah udah mulai masuk ke pelajaran web develop, saya sangat tertarik dan karena udah belajar duluan, jadinya saya mudah mengikuti pelajaran dan bisa membantu teman-teman dalam menyelesaiakan kesulitan yang dihadapi oleh mereka.

Ada proyek kecil-kecilan yang berdatangan, baik dari dalam kampus sampai luar kampus, baik yang free ataupun ada yang ngasih sebagai ucapan terimakasih. Sampai lulus kuliah kadang ada-ada saja teman yang ngasi proyek, sampai pernah ada perusahaan yang minta membuatkan websitenya. Saya belum terlalu mahir, tapi setidaknya teman-teman saya di bangku kuliah tahu, kalau saya ada skill di dunia koding, dan saya sebenarnya masih takut-takut ambil projek :D, tapi kapan lagi? Sembari belajar kita dapat uang..

Dan itu membuat saya semakin giat untuk belajar, karena disaat membuat website itu lah kita tau skill kita udah sampai dimana, dan apa lagi yang perlu dipelajari.

Sampai saya lulus kuliah, ada orang yang meminta saya untuk bergabung membuat sebuah startup, tempat saya bekerja sekarang ini.

Apa hal yang luar biasa yang dilihat di dunia koding ?

Wah, kalau dunia koding itu sangat luar biasa, bebas ber-experiment, bahkan semua ingin kita jadikan kedalam sebuah program. Contoh nya bikin kalkulator, pencatatan uang masuk dan keluar, bikin todo list, bahkan sampai untuk selfie pun saya bikin dengan javascript :D. Masih banyak lagi yang bisa kita bikin dengan koding.

Sebenarnya teknologi yang kita kita gunakan setiap hari ini kan dibuat dengan koding, ya walaupun mungkin dibuat dengan bahasa pemrograman yang berbeda-beda, seperti C,C#, JAVA,VB dll. So belajar koding itu seru dan asyik, jangan ragu untuk mencoba !

Kalau di sekolahkoding sendiri apa yang agan dapatkan?

Seperti yang saya ceritakan diatas, bahwa dasar saya mendalami dunia koding adalah di Sekolahkoding ini, kalau gak ketemu Sekolahkoding mungkin saya sendiri gak akan pernah bisa seperti sekarang ini. Oke mungkin banyak tutorial tentang pemrograman website diluar sana, tapi videonya tepisah-pisah sehingga kita tidak tau harus mulai belajar dari mana, dan selanjutnya harus kemana.Belum lagi kualitas video yang kurang bagus,cara penyampaian dan lain-lain. Sedangkan untuk mempelajari sesuatu kita harus tau dulu konsepnya seperti apa, barulah kita bisa melanjutkan mempelajari dan mengembangkannya.

Dan satu lagi, di Sekolah koding saya jamin teman-teman kalau serius belajarnya, pasti bisa membuat website dari nol sampai jadi. Tanpa harus beli buku,cd atau berburu tutorial “cara membuat website” di internet, karna di Sekolahkoding sudah diajarin.

Pesan untuk teman-teman yang sedang belajar di sekolahkoding?

Lanjutkan terus ngoding nya dengan semangat,masih banyak yang harus dipelajari.

Jangan ragu untuk menjadi premium member, karna ilmu yang didapatkan sangat berguna dimasa depan.

Jangan ragu untuk membeli hosting, biar gak bosan ngodingnya harus bikin website sendiri, biar ada yang diurus dan untuk kita tunjukin ke orang-orang.

Jangan ragu untuk bertanya, jika menemukan error atau kendala,tapi jangan bertanya sebelum dicoba :D

Usahakan kalau mengikuti toturial dari sekolah koding, langsung praktek biar paham.

Jangan hanya berfokus ke koding saja, cari hal-hal lain yang dapat menunjang karir di masa depan.

Oke terimakasih kepada sekolah koding dan teman-teman yang sudah membaca tulisan ini, semoga bermanfaat dan bisa membangkitkan semangatnya lagi untuk terus belajar koding, mohon maaf bila terdapat kesalahan pengucapan dan kata-kata yang tidak sepantasnya. IZIN SENIOR ! sehat selalu.

TERIMA KASIHH THOMSON! SUKSES TERUS KARIRNYAAA