Rachmat Sasongko, dunia arsitektur dan programmer

Lulus dari arsitektur ITS Surabaya dan sempat menjadi anak Band,Rachmat Sasongko sudah berusaha sendiri dibidang interior dan konstruksi, ngga kalah mengejutkan lagi, sekarang sambil kerja juga secara online (remote) di perusahaan exchange di Belanda sebagai developer single fighter :D. Gimana ya kira-kira perjalanan agan yang sering bantu kita di forum ini.. selamat membaca!

Halo gan! kesibukan sekarang apa nih?

Kesibukan sekarang masih tetep jalan dibidang arsitektur walaupun perlahan mungkin akan saya tinggalkan :D, dan lagi finalisasi startup exchange v2.

Sebelum ke dunia koding, aktivitasnya apa?

Ya cuma sibuk di kerjaan, hangout sama temen kalo ada waktu.

Awal ketemu dunia koding kapan dan dimana?

Sejak kecil saya suka dengan semua hal yang berbau computer, sampai saya dibilang computer freak. Pertama kenal koding saat saya SD masih pakai computer tahun jebot yang disketnya super besar. Baca2 buku Visual Basic, bikin game2 sederhana berdasarkan petunjuk dari buku. Tapi makin lama makin jarang bersentuhan dengan koding lagi karena kesibukan sekolah dan pergaulan juga.

Baru mulai lagi bersentuhan dengan dunia koding setelah lulus kuliah, kakak saya yang ajarin bikin website pakai XAMPP. Dari situ saya mulai belajar semuanya. Selain belajar web development saya juga sempet belajar sedikit dunia game development, walaupun sedikit tapi pernah menghasilkan.

Mulai serius di dunia koding kapan dan kenapa ?

Selain cari ilmu lewat literature online (stackoverflow paling banyak), saya juga aktif di forum2 luar negeri hingga punya kenalan beberapa programmer di US. Singkat cerita pada tahun 2015 ada teman dari US yang minta tolong saya untuk integrasi API di projectnya (Bitcoin related), bahasa yang dipakai PHP. Dia sudah seminggu otak atik belum berhasil. Setelah saya coba, ternyata 2 hari selesai.

Tapi ternyata problem si teman bukan cuma disitu aja, ada beberapa hal lagi yang dia ga sanggup selesaikan. Setelah 3–4 kali minta tolong (mungkin sungkan juga dianya) akhirnya dia bilang kira2 seperti ini “udahlah lu aja yang terusin nih project, gua kasih kontak si client ya”. Akhirnya berkenalanlah saya dengan si klien dari Belanda.

Dari situ akhirnya mereka saya buatkan web startup dengan bahasa PHP. Karena senang dengan hasilnya, saya ditawari kontrak jangka panjang untuk pengembangan startup. Sempet ga yakin dan saya bilang “I’m not an advance developer”. Mereka jawab “You may not be best one, but you always tried your best and gavqe us what we wanted and that’s enough for us”. Jadilah saya bekerja dengan mereka sampai sekarang, malah tahun ini rencananya startup ini bakal expand ke Indonesia, doain aja ya ^.

Apa hal yang luar biasa yang dilihat di dunia koding ?

Yang luar biasa menurut saya dunia koding itu (hampir) tak terbatas, kita mau bikin apa aja bisa. Yang jadi batasan cuma diri kita sendiri.

Agan Termasuk aktif membantu di forum, boleh tahu alasannya?

Karena menurut saya dengan membantu sebetulnya kita juga ‘belajar lagi’, dengan begitu ilmu juga terus terasah.

Pesan untuk teman-teman yang sedang belajar di sekolahkoding?

Mau kerja apapun, yang penting harus siap. Siap kemauan, siap kemampuan, siap waktu dsb. Karena kesempatan itu bisa datang kapan aja, dan kesempatan cuma bisa digenggam kalau kita siap.

Like what you read? Give Hilman Ramadhan ☕ a round of applause.

From a quick cheer to a standing ovation, clap to show how much you enjoyed this story.