Kisah Para Monyet Sukses

Aef Setiawan
Simpel Marketing
Published in
2 min readDec 17, 2021
Source: https://unsplash.com/photos/GBEHjsPQbEQ
  1. Potongan cerita ini saya sadur dari buku The Art of Thinking Clearly karangan Rob Dobelli.
  2. Alkisah ada 1 juta monyet yang melakukan investasi gila di pasar saham. Setengah dari mereka berhasil, setengah lagi gagal.
  3. Monyet yang berhasil dapat cuan dari saham Anda pertahankan, monyet yang gagal Anda kirim pulang ke hutan.
  4. Setengah juta monyet melanjutkan investasi gila di saham. Setengahnya berhasil, setengahnya lagi gagal. Seperti biasa Anda mengirimkan monyet-monyet gagal ini kembalike hutan.
  5. Singat cerita, dari 1 juta ada 1000 monyet tersisa yang konsisten menghasilkan cuan dari saham. Sebut saja mereka ini adalah “monyet sukses”.
  6. Apa kira-kira yang dilakukan media pada 1000 monyet sukses ini? Ya, mereka mewawancarai monyet sukses ini. Menanyakan rahasia kesuksesan dan menulis perjalanan hidupnya.
  7. Berita tentang monyet sukses ini menyebar luas. Monyet-monyet di seantero hutan mendengar dan tertarik ingin menjadi monyet sukses di pasar saham.
  8. Hikmah kisah para monyet ini bisa kita tarik ke kehidupan nyata di keseharian.
  9. Saya punya mimpi menjadi pebisnis toko online. Dan ada ratusan ribu bahkan jutaan orang yang punya impian sama seperti saya.
  10. Di Industri toko online sendiri sudah ada orang yang masuk kategori “monyet sukses ini, alias mereka yang masuk kategori 1%. Kisah keberhasilan mereka diliput media.
  11. Saya dan bisa jadi juga Anda tertarik untuk mendekat kelompok orang 1% ini. Kita ingin bertemu atau ikut workshopnya berharap menjadi kecipratan sukses mereka.
  12. Kalau direnungkan, Saya dan semua orang yang ada di industri toko online itu mengambil keputusan yang sama. Beriklan di platform yang sama bahkan menggarap di niche yang sama. Tapi hasilnya beda?
  13. Inilah yang ingin disampaikan Rob Dobelli dalam kisah para monyet suksesnya.
  14. Kita seringkali berpikir bahwa hasil yang baik, atau kesuksesan, itu selalu berasal dari keputusan yang baik. Kesuksesan yang luar biasa berawal dari keputusan yang luar biasa pula.
  15. Bias berpikir inilah yang membuat banyak orang rela mengeluarkan uang belasan hingga puluhan juta buat ikut workhsop seoran mastah. Berharap disana dia bisa mendapat Secret Sauce dimana kalau diikuti akan berhasil seperti si Mastah itu.
  16. Tapi Rob Dobelli bilang itu tidak benar. Keputusan yang baik tidak selalu berakhir dengan hasil baik. Keputusan buruk tidak selalu berakhir buruk. Karena kehidupan kompleks, banyak faktor eksternal yang tidak terduga dan diluar kendali.
  17. Andaikan begini. Anda dan saya diberi budget iklan masing-masing 10 juta. Kita berilkan di facebook dengan strategi dan tehnik yang sama. Apakah hasilnya akan sama?
  18. Tidak perlu dijawab, jadikan ini bahan renungan masing-masing.
  19. Sebelum tulisan ini saya selesaikan, saya akan belajar memperbaiki cara berpikir supaya bisa meminimalisir bias keputusan.
  1. Jika saya mendapatkan hasil yang buruk, saya tidak langsung menyalahkan bagaimana saya membuat keputusan. Bisa saja keputusannya sudah benar, tapi ada faktor eksternal yang mempengaruhi.
  2. Jika saya mendapat hasil yang baik, saya tidak langsung menilai itu karena keputusan yang baik. Karena bisa saja ada faktor keberuntungan yang menyebabkan kita “tampak berhasil”.

--

--