[Week 9] Pekan UTS? Tetap berprogress!

Reinhard Hotma
LapakLaut
Published in
3 min readApr 3, 2018

--

Setelah sedikit berkutat dengan TDD di 2 pekan sebelumnya, akhirnya saya telah beranjak dari sekadar mengurusi konfigurasi CI hehe. Juga setelah melewati rangkaian kegiatan Sprint Review dan juga Sprint Retrospective (yang saya akui tidak berjalan dengan lancar), akhirnya saya dapat menunjukkan suatu progress di awal Sprint 2 ini. Selama 2 minggu ini saya telah memulai untuk mendesain database yang nantinya akan digunakan untuk aplikasi LapakIkan. Selain itu saya juga membuat salah satu fitur pada aplikasi LapakIkan, yaitu detail produk. Walaupun progressnya belum terlalu signifikan (karena pekan UTS yang sedang melanda hehe), namun saya telah membuat gambaran secara kasarnya tentang fitur detail produk ini.

Secara singkat, fitur detail produk ini dapat diakses dengan cara meng-klik postingan jualan yang kita minati pada beranda. Setelah diklik, kita akan dialihkan ke halaman baru yang berisi tentang detail-detail seperti gambar, harga, deskripsi, dan lain-lain. Sejauh ini, progress yang saya telah buat ialah membuat layouting untuk halaman tersebut, walaupun masih secara kasar, karena masih memikirkan nilai estetiknya, dan juga UI guideline yang baru saja selesai sehingga belum bisa diterapkan secara maksimal. Untuk fitur yang saya buat saat ini juga masih belum fungsional, karena nanti seharusnya akan menerima (di-pass) objek post tersebut, dan juga meretrieve data tambahan yang diperlukan dari firebase (untuk sekarang masih menggunakan objek dummy). Dengan sedikit (read: lumayan banyak) polesan lagi, maka voila! Akan tercipta halaman detail produk yang sangat menarik bagi para calon pembeli nantinya. Berikut merupakan sneak peeknya:

Mohon maaf masih sangat simple dan kurang estetik

Untuk desain databasenya sendiri belum lengkap, baru sebagian saja, diutamakan pada bagian beranda dan juga detail produk. Berbekal pengetahuan dari hasil membaca pekan-pekan sebelumnya, saya mencoba untuk mendesain database untuk aplikasi LapakIkan. Hasilnya sendiri mungkin masih belum maksimal dan efisien, karena ini merupakan pengalaman pertama dalam mendesain database NoSQL, dan juga belum terlalu mantap dengan salah satu konsepnya yang sedikit berlawanan dengan sebelumnya, dimana redundancy terkadang dibutuhkan demi waktu pemrosesan yang lebih cepat. Berikut merupakan contoh desain database yang saya buat:

Desain database sejauh ini (masih bisa berubah)

Bisa dilihat terdapat banyak redundancy antara kedua child yang ada. Hal tersebut sebenarnya dimaksudkan agar dapat membuatnya menjadi lebih efisien, karena untuk firebase sendiri, saat memanggil suatu reference maka akan mengunduh seluruh isi yang ada di dalamnya, sehingga kita perlu meminimalkan pengunduhan secara keseluruhan tersebut. Walaupun dalam penerapannya masih belum sempurna, namun kami merasa bahwa kami sudah mulai menuju ke arah situ.

Progress pada 2 minggu ini bisa dibilang lumayan baik, apabila dibandingkan dengan pekan-pekan sebelumnya. Tim kami lebih gencar berdiskusi dan juga bertukar pengetahuan sehingga mungkin bisa mengetahui mana yang lebih baik. Semoga aplikasi yang kami buat dapat menunjukkan perkembangan yang lebih pesat lagi ke depannya. Sekian laporan progress kami di week 9, sampai jumpa!

--

--