Golongan Darah menentukan Kepribadian atau Sikap Kerja?

Riska Widyarini
Dec 24, 2018 · 4 min read

Mengaitkan antara golongan darah dan kepribadian atau karakter seseorang masih menjadi perdebatan hingga sekarang. Beberapa hasil penelitian ada yang membuktikan bahwa golongan darah tertentu mencerminkan karakter tertentu, sedangkan beberapa penelitian lain membuktikan bahwa dua Variabel tersebut tidak saling berhubungan.

Asal mula tercetusnya golongan darah berhubungan dengan kepribadian seseorang adalah tahun 1930 oleh Profesor Tokeji Furukawa dari Jepang. Beliau menerbitkan makalah yang mengklaim bahwa golongan darah mencerminkan kepribadian tertentu. Sejak saat itu di Jepang, golongan darah memiliki pengaruh dalam beberapa aspek kehidupan terutama dalam bidang pekerjaan. Beberapa perusahaan menanyakan golongan darah calon karyawan dalam interview awal dan banyak perusahaan menggunakan golongan darah sebagai dasar penempatan kerja.

Di indonesia masih sedikit perusahaan yang menggunakan golongan darah sebagai salah satu aspek yang dimasukkan dalam interview kerja maupun penempatan kerja karyawan. Mengingat fakta bahwa golongan darah dan kepribadian saling berhubungan masih menjadi pertentangan khususnya dalam ilmu Psikologi itu sendiri. Saya sendiri adalah lulusan S1 Psikologi dari salah satu Universitas Swasta di Yogyakarta dan selama mengenyam pendidikan sebagai mahasiswa Psikologi memang belum pernah mendapati teori yang menyatakan bahwa golongan darah yang mencerminkan kepribadian tertentu.

Membicarakan bahwa golongan darah tertentu mencerminkan tipe kepribadian tertentu adalah hal menarik karena memang golongan darah adalah bawaan dari lahir dan tidak bisa berubah begitu juga dengan kepribadian atau karakter seseorang. Hal ini lah yang kemudian memunculkan banyak pendapat dan mendorong para ahli melakukan beberapa penelitian. Adapun penelitian para ahli yang mendukung kedua variabel tersebut berhubungan adalah penelitian yang berjudul ABO Blood Type and Personality Traits in Healthy Japanese Subjects ( http://bit.ly/2Q0dMR6 ) menjelaskan bahwa golongan darah berkaitan dengan beberapa tipe kepribadian seseorang. Sedangkan penilitian dengan judul Blood Type and The Five Factor of Personality in Asia oleh Kunher Wu pada 2.681 siswa SMA di Taiwan menunjukkan bahwa golongan darah dan kepribadian seseorang tidak ada hubungan yang signifikan.

Meski melihat kepribadian/karakter melalui golongan darah masih menjadi perdebatan tapi tidak ada salahnya untuk melihat tipe kepribadian apa saja yang dimiliki oleh golongan darah tertentu. Berikut adalah tipe kepribadian berdasarkan golongan darah yang digunakan sebagai salah satu aspek yang dipertimbangkan dalam proses penerimaan karyawan dan penempatan tenega kerja di Jepang (http://bit.ly/2AbFQfq) :

Golongan darah A (Pekerja ideal yang berperilaku baik)

Golongan darah B (Pedagang bersahaja dan rebel)

Golongan darah O (Samurai yang berkemauan keras)

Golongan darah AB (Seniman sensitif)

Dalam ilmu Psikologi kita tidak diperbolehkan menilai atau menentukan seseorang memiliki tipe kepribadian tertentu tanpa melalui beberapa rangkaian tes kepribadian. Kami tidak diperbolehkan menarik kesimpulan tentang kepribadian seseorang hanya dengan sekali tes dengan satu alat ukur atau malah hanya berdasarkan golongan darah semata. Namun, faktanya saat ini adalah golongan darah sangat berpengaruh dalam karir seseorang, karena banyak perusahaan di Jepang dan Korea menggunakan aspek ini sebagai dasar penerimaan calon karyawan.

Selama kurang lebih tiga tahun sebagai HRD, ada satu pengalaman menarik yang berhubungan dengan golongan darah dan kepribadian ini. Menurut saya mungkin lebih tepat jika kita sebut golongan darah memiliki hubungan yang sangat kuat dengan sikap kerja seseorang, bukan kepribadian. Tahun lalu saya dengan bantuan trainer mencoba merancang sebuah permainan kecil dalam acara outing Perusahaan. Dalam beberapa rangkaian permainan team building karyawan di bagi berdasarkan golongan darah. Yak, saya yang tadinya kurang percaya dengan golongan darah menentukan karakter seseorang. Melihat cara kerja tim yang berbeda golongan darah serta hasil akhirnya menguatkan sedikit keyakinan saya kalau golongan darah memang berkaitan dengan sikap kerja seseorang.


Bagaimana menurut kalian? kalian bisa memberikan masukan, kritik dan saran terkait tulisan saya. Jika ada yang sudah pernah mempelajari lebih dalam tentang golongan darah ini mungkin bisa tambahkan di kolom komentar, apa yang kurang dan apa yang salah. Semoga bermanfaat.

SkyshiDigital

We help scale up your startup to the next level

Riska Widyarini

Written by

HRD at Skyshi Digital Indonesia

SkyshiDigital

We help scale up your startup to the next level

Welcome to a place where words matter. On Medium, smart voices and original ideas take center stage - with no ads in sight. Watch
Follow all the topics you care about, and we’ll deliver the best stories for you to your homepage and inbox. Explore
Get unlimited access to the best stories on Medium — and support writers while you’re at it. Just $5/month. Upgrade