Khan Academy, Oase Para Pecandu Ilmu

Our mission is to provide a free, world-class education to anyone, anywhere.
Gambar 1. Aqualine.png

Sebuah website yang berisi berbagai macam konten ilmu pengetahuan, baik itu tentang matematika, sains, teknologi, bahkan sampai kultur budaya.

Sebuah website yang konten-kontennya sangat berkualitas, menjunjung tinggi pemahaman konsep, dan juga penyampaian materi yang mudah dipahami. Dan satu lagi yang pasti, gratis! Sungguh oase bagi para pecandu ilmu yang haus akan rasa ingin tahu.

Sebuah website yang membuat saya makin cinta dan yakin untuk terjun di dunia programming.


Kali ini saya akan membahas mengenai salah satu course dalam Khan Academy, yaitu Intro to JS: Drawing & Animation.

Dalam course tersebut, kita akan diberikan konsep mengenai dasar-dasar bahasa JavaScript serta penggunaaan ProcessingJS library untuk membuat sebuah gambar-entahlah- semacam ini, atau bahkan sampai membuat animasi keren lho!

Gambar 2. gambar_suram_pertama_saya_di_kursus_ini.png

Kerennya kursus ini tu apa aja sih?

Well. Pertama dan yang paling nikmat dari mengikuti kursus ini adalah kamu ga perlu nginstall macem-macem, karena mereka sudah menyediakan JS Playground-nya. Koding di web browser, langsung jadi hasilnya.

Kedua. Dalam kursus ini disediakan video materi, yang sangat-sangat bagus sekali untuk belajar konsep logika berpikir pemrograman, apalagi bagi Anda yang akan terjun di bagian front-end developer. Lebih sangat cocok lagi apabila nanti kamu akan menggunakan teknologi JavaScript semacam React JS (untuk web development) atau React Native (untuk android development). Keren kan?

Ketiga. Disediakan juga challenge di tiap-tiap sub-materinya. Kamu bakal disuruh submit project untuk membuat gambar ataupun animasi sekreatif kamu lho! Asik ya?

Keempat. Disini akan diajarkan dasar-dasar pemrograman JavaScript pada umumnya, bahkan sampai bagaimana cara debugging dan apa itu konsep pemorgraman berorientasi objek lho!

Gambar 3. Materi_Introduction_to_JS.png

Kelima. Dokumentasi. Yap! Mereka membuatkan rangkuman dokumentasi dari ProcessingJS dan menyajikannya dengan sangat indah. Kita bisa melihat contoh dokumentasi dan mencobanya langsung di JS Playground.

Keenam. Jika dalam sebuah materi, ada yang menyangkut ke ilmu lain, ilmu yang berhubungan dengan programming, mereka akan memberikan link ke kursus mereka yang lain. Contohnya adalah seperti perbandingan ataupun interpolasi, keduanya merupakan cabang ilmu di Matematika. Perbandingan sangat berguna untuk mengatur posisi komponen di tampilan, menggunakan flex ataupun manual. Interpolasi juga sangat diperlukan dalam membuat animasi yang mulus nan indah.

Ketujuh. Komunitas! Well, komunitas yang ramai, aktif, dan berisi orang-orang yang kreatif dan mau belajar adalah surga bagi para pecandu seperti kita. Lihat bagaimana hanya dengan kursus sesingkat ini, mereka bahkan bisa membuat minigame semacam ini, gimana ga keren?

Kedelapan. Kesembilan. Kesepuluh. Kesel. Masih banyak lagi kekerenan yang Khan Academy tawarkan kepada teman-teman semua. Mending coba sendiri deh ya :D

Kenapa nggak usah mengikuti kursus ini?

Well. Kursus ini sangat-sangat tidak cocok bagi kamu yang ingin mencari jalan pintas dalam membuat sesuatu. Yang mereka tawarkan adalah konsep, bagaimana cara memasuki dunia programming dan bahagia disana *gombal*. Dan kita semua tahu, mempelajari konsep tidak ada yang instan. Tapi percayalah, kelak akan sangat berguna, untuk mempelajari hal apapun, yang masih satu konsep dengan materi dalam kursus ini. So, happy mumet and happy coding! :)


Regards,

Muhammad Nizwa

One clap, two clap, three clap, forty?

By clapping more or less, you can signal to us which stories really stand out.