Seminggu Menjadi Master React JS — Seri Tingkat Dasar

Safei Muslim
SkyshiDigital
Published in
3 min readAug 9, 2017

#Pengantar

Assalamualaikum, Wr Wb

Dalam kesempatan ini saya mencoba membuat serial artikel Seminggu Menjadi Master React JS. Artikel ini saya tulis dari tahap paling dasar dalam memulai belajar React JS. Tidak diperlukan kemampuan basic coding yang wah, cukup dengan konsistensi dalam belajar dan sedikit basic javascript.

Saya sendiri mulai menggunakan React JS sejak bulan februari 2017, kala itu saya mendapat kesempatan dari PT Skyshi Digital Indonesia untuk mengembangkan proyek klien menggunakan React JS.

Meskipun ilmu saya masih dangkal namun saya berusaha untuk saling berbagi kepada sesama, karena menurut saya “ketika kita telah mempelajari suatu ilmu, maka kewajiban yang harus kita tunaikan adalah mengamalkan ilmu itu, sehingga menjadi ilmu yang bermanfaat, ilmu tanpa amal bagaikan pohon tak berbuah”.

Ilmu yang di bagi akan menjadi “ladang amal jariyah yang tak terputus”. Disisi lain, ketika kita mengamalkan sebuah ilmu, kita bisa sekaligus mendalami apa yang telah kita pelajari sebelumnya dan diharapkan akan membuka suatu ilmu baru yang sebelumnya tidak kita ketahui.

Apabila mengamalkan ilmu yang telah ia pelajari, maka akan membuka hal yang sebelumnya ia tidak ketahui.

Ketika saya mulai menggunakan React JS, sumber belajar saya adalah udemy dan google, namun sangat menguras waktu dan tenaga, saya harus menggabungkan puluhan sumber belajar tersebut, karena kebanyakan dari sumber yang saya baca tidak lengkap dan membingungkan. Padahal ketika masih belajar dari dasar, kebenaran teori fundamental itu sangat penting dalam menuju jenjang materi yang lebih dalam.

Maka dari itu artikel yang saya tulis ini nantinya step by step secara runtut dan tidak membingungkan, sehingga dapat dengan mudah di cerna oleh kita semua. Sebagai penyemangat, silahkan teman-teman follow Safei Muslim, karena saya bakal memberikan artikel terbaik setiap minggunya.

#Daftar Isi

  1. Pendahuluan [LINK]
  2. Instalasi [LINK]
  3. Membuat aplikasi pertama kali dengan React JS [SOON]
  4. Membuat komponen [SOON]
  5. Berfikir tentang React JS [SOON]
  6. Aliran data [SOON]
  7. Komunikasi server [SOON]
  8. Loading Async State [SOON]
  9. JSX dan Virtual DOM [SOON]
  10. JSX di dalam Depth [SOON]
  11. Komponen lanjutan [SOON]
  12. Komponen stateless [SOON]
  13. Forms didalam React [SOON]
  14. Forms validasi [SOON]
  15. Menggunakan webpack with ‘create-react-app’ [SOON]
  16. Bagaimana webpack bekerja [SOON]
  17. Unit testing [SOON]

#Penutup

Sekian dari saya, semoga teman-teman menikmati isi artikelnya dan semoga tetap sabar dan berjuang ketika menemukan error.

Happy Coding

Safei Muslim

--

--