Anggota Komunitas Spacemesh yang terhormat

FMR
spacemesh
Published in
9 min readAug 29, 2022

--

https://Spacemesh.io

Terima kasih banyak atas dukungan dan kesabaran Anda untuk proyek Spacemesh. Bagi mereka yang belum mengikuti kami lebih dekat, Spacemesh adalah protokol Layer 1 yang kami mulai kerjakan lima tahun lalu, dengan tugas yang berat: Untuk menciptakan pendekatan yang sangat berbeda untuk protokol blockchain L1, berfokus pada aspek kualitatif dari izin tanpa izin. desentralisasi.

Pada awal proses pembentukan Spacemesh, menjadi jelas bagi kami bahwa Nilai Keadilan merupakan domain Uang masyarakat dan bahwa sistem uang yang paling adil pasti dipilih secara rasional oleh orang-orang bebas. Dan kemudian terganggu oleh uang yang lebih adil dll. Semakin baik sistem uang (atau cryptocurrency) yang diberikan dapat melindungi dirinya dari kepentingan minoritas orang kaya, semakin baik sistem tersebut diposisikan untuk mempertahankan keadilan, menjunjung tinggi posisi koin seseorang, tetap otentik untuk agenda bersama , menolak degenerasi lebih lama ke masa depan.

Akibatnya, proses keputusan Spacemesh dipandu dengan menanyakan “apa yang akan ditentukan oleh keadilan”? Yang ternyata mirip dengan menanyakan bagaimana tetap Adil terhadap Penambang rumahan. Apa yang kita kejar adalah janji yang sederhana tetapi sangat sulit untuk diwujudkan: memastikan bahwa Penambang secara permanen adil, dapat diakses, dan tanpa izin. Sedemikian rupa sehingga penambang yang kuat (mungkin bermusuhan) tidak dapat menerima proporsi imbalan yang tidak proporsional. masalah sama yang telah kita lihat mata uang Crypto lainnya

Mencapai infrastruktur terdesentralisasi dan tanpa izin yang konsisten sama sekali tidak sederhana dan bukan untuk menjadi putus semangat. Coba bayangkan tim mana pun yang hancur untuk waktu yang lama, di bawah ketidakpastian yang ekstrem, seperti penelitian yang fleksibel dan acak, tanpa kemenangan kecil untuk diyakinkan, tekad kami telah diuji berkali-kali. Namun berkat kepercayaan yang sangat lama kepada Prof. Tal Moran, Dr. Iddo Bentov, dan tim peneliti protokol Spacemesh lainnya, setelah 5 tahun dan ~500.000 dev-hours, kami akhirnya mendekati peluncuran visi kami yang sangat berbeda untuk :

Tanpa Izin, Terdesentralisasi, Dapat Dipercaya-Netral, Terbukti Aman dan Buku Besar yang Dapat Diprogram Sepenuhnya

Apa yang Masih kurang?

Pekerjaan kami didasarkan pada premis bahwa cita-cita “koin masyarakat “ belum tercapai di jaringan PoW dan PoS yang ada, sebagai akibat dari kegagalan mendistribusikan aset (dan daya) di antara populasi yang cukup luas. Untuk mencapai hasil yang diinginkan ini, kami percaya sangat penting untuk selalu terbuka bagi penambang rumahan dengan peralatan kelas menengah keterampilan teknis rata-rata untuk bergabung dengan jaringan sebagai penambang full node. Ini akan mengarah pada satu juta penambang rumahan yang sangat panjang, yang kami bayangkan untuk bergabung selama beberapa tahun pertama dan tidak akan pernah pergi. Aspirasi ini tertanam jauh ke dalam konstruksi dan ekonomi protokol Spacemesh:

Sementara dari perspektif tertentu, seperti. bulanan, akan ada bulan di mana daya beli hadiah tidak akan menebus biaya operasional penambangan, jika ada. Namun, kerugian bulanan seperti itu, bagaimanapun, dibatasi oleh perbedaan biaya listrik untuk meninggalkan PC pada 24/7 hari dan mungkin ‘biaya alternatif’ pada penyimpanan jika Anda menambang sesuatu yang lain, dll. kira-kira belasan dolar sebulan. Keseimbangan di bawah ekonomi seperti itu, dengan durasi yang cukup lama dan fluktuasi harga koin, dll., akan cukup menguntungkan penambang rumahan dengan biaya terbatas mendekati nol.

Tantangan ini, mencapai tingkat produksi blok terdesentralisasi ini, SULIT atau, mungkin menurut Vitalik Buterin berpendapat di Endgame, bahkan tidak mungkin, tetapi kami merasa untuk berbeda. Orang dapat mengatakan bahwa seluruh proyek dan protokol Spacemesh difokuskan untuk menyangkal hipotesis ini, dan untuk membuktikan bahwa produksi blok yang terdesentralisasi secara besar-besaran tidak hanya mungkin tetapi juga menguntungkan (untuk semua penambang) dan berkelanjutan. Upaya gigih kami menuju produksi blok yang terdesentralisasi secara besar-besaran sangat naif (jika kami salah) atau sangat inovatif (jika kami benar dan mampu menawarkan pendekatan yang berbeda secara kualitatif).

Secara khusus, berhubungan dengan jejak lingkungan, sementara blockchain PoS paling hijau, itu dicapai dengan biaya tinggi untuk “netralitas yang kredibel.” Bagaimanapun juga “keramahan lingkungan” ini gagal memperhitungkan eksternalitas negatif yang terkait dengan kegagalan bawaan PoS untuk mendistribusikan koin secara lebih luas, atau biaya di muka yang terkait dengan melakukannya dalam kasus, misalnya, transisi PoW ke PoS Ethereum (dan sehingga sering berbau greenwashing).

Kami percaya popularitas PoS tidak boleh mengarah pada kesimpulan bahwa kami tidak bisa lebih ramah lingkungan daripada Bitcoin tanpa mengorbankan “kredibel-netralitas”.

Jalan Spacemesh

Dari minggu pertama bulan Desember (dalam #18minggu) dan seterusnya hingga anak cucu, akan ada sesuatu yang baru, infrastruktur teknologi open-source baru di domain umum/publik, cryptocurrency Spacemesh. Di mana siapa pun dengan PC kelas konsumen biasa, ruang disk kosong, dan koneksi internet yang layak (~1 miliar orang) dapat secara langsung berpartisipasi dalam penambangan yang adil dari rumah dan dengan biaya modal nol yang efektif. Model distribusi Spacemesh, kami percaya dan akan menjelaskan, memotong lebih dekat dari sebelumnya ke ideal distribusi yang adil:

Uang Internet Ajaib Siapa pun dapat Berpartisipasi melalui Penambangan dari Rumah

  • Selama tahun pertama, tidak seorang pun (termasuk tim Spacemesh, investor kami, dan bursa) memiliki koin dan satu-satunya cara untuk mendapatkan koin adalah dengan menambangnya sendiri; Bahkan pihak yang sangat kaya TIDAK dapat membeli liquid koin Smesh (sampai persediaan yang cukup dikumpulkan untuk diperdagangkan di bursa); Bagian ini sangat penting, karena memastikan tim spacemesh dan investor, dll. TIDAK memiliki kendali atas siapa yang dapat menambang koin.
  • Setelah bergabung, berkat proses penambangan “kooperatif” (non-persaingan), semua pihak menerima imbalan yang sama persis per unit penyimpanan (misalnya GB), semakin murah drive, paling hemat biaya; Bagian ini sangat penting, untuk melindungi kepentingan penambang kecil.
  • Aplikasi Dompet & Penambangan (untuk MacOs, Windows, dan Linux yang sangat mudah digunakan, keterampilan “tingkat kantor” yang sangat dasar akan berhasil. Bagian ini sangat penting, untuk memungkinkan lebih banyak demografi (terutama yang lebih muda dan kurang beruntung) untuk bergabung.

Untuk memperjelas: Spacemesh tidak dapat menjamin bahwa pendapatan lebih besar dari pengeluaran (jika ada), itu tergantung pada jumlah total penyimpanan yang dilakukan ke jaringan, dan apakah sistemnya menarik/populer sehingga daya beli hadiah itu penambang mengumpulkan cukup tinggi.

Karena ini adalah eksperimen psikologi yang dominan, tidak ada kepastian yang diharapkan, namun masuk akal untuk mengharapkan daya beli hadiah penambang, untuk unit dasar penyimpanan, tetap sangat rendah. Dengan demikian, jika Anda mengeluarkan uang untuk membeli apa pun untuk menambang Spacemesh dengan lebih baik, Anda tidak mungkin mendapatkan kembali investasi tersebut. Dan bahkan lebih tidak mungkin Anda akan menanggung biaya terbatas yang berulang dari mega-miner rumah/cloud.

Setelah MEMASTIKAN bahwa imbalannya kemungkinan kecil, diserap dengan baik.

Apa yang baru, betapapun kecilnya imbalannya, adalah bahwa penambang rumahan yang menggunakan apa pun yang sudah mereka miliki di rumah memiliki biaya penambang terbatas terendah (dibandingkan dengan mega-penambang rumah/cloud) dan karena itu cenderung terus menambang secara menguntungkan sementara penambang industri mungkin menjatuhkan.

Pengaturan tersebut mewakili, tim terbaik yang Spacemesh tahu bagaimana mencapainya, pada vektor distribusi adil yang optimal dari aset digital ke penambang rumah yang sangat panjang, yang merupakan titik awal yang brilian menuju tata kelola berbasis komunitas yang baik: itu adalah Spacemesh dalam manfaat yang baik untuk melindungi kepentingan penambang kecil untuk waktu yang sangat lama.

Sorotan Konstruksi Spacemesh

Pendekatan Baru untuk Konsensus dalam Pengaturan Tanpa Izin, digunakan untuk Cryptocurrency yang dapat diprogram untuk tujuan umum:

  • Alih-alih PoW atau PoStake yang umum digunakan, Spacemesh menggunakan PoST (Proofs of Space-Time) — PoST yang “dapat digunakan kembali” memungkinkan penambang untuk menggunakan ruang disk daripada CPU sebagai sumber daya yang langka, alternatif yang jauh lebih hemat energi. Banyak pengguna rumahan sudah memiliki disk besar dengan banyak ruang kosong. Untuk pengguna ini, biaya terbatas untuk berpartisipasi sebagai penambang sangat rendah, karena alih-alih menghasilkan bukti baru untuk setiap tantangan, dan biaya listrik yang dihasilkan, penambang Spacemesh menggunakan kembali bukti asli secara terus-menerus, menghasilkan penggunaan energi yang sangat rendah dan hampir nol biaya berkelanjutan untuk mengoperasikan penambang.
  • Daripada topologi Chain (yaitu, blockchain), Spacemesh menggunakan DAG (Directed Acyclic Graph), alias “mesh”. Penambang spacemesh menghasilkan beberapa blok secara paralel — dan semuanya dapat “diterima” sebagai blok yang valid, menghindari lotere, memungkinkan throughput transaksi yang sangat tinggi, bahkan dalam jaringan dengan latensi tinggi.
  • Selain itu, daripada pemilihan pemimpin pemenang tunggal melalui Lotre (“Penambangan Kompetitif”) yang digunakan oleh semua konsensus berbasis Nakamoto, Spacemesh menggunakan pemungutan suara “tanpa pemimpin” non-kompetitif bebas lotre (“Penambangan Kolaboratif”). Spacemesh dirancang untuk menjadi protokol bebas balapan — blok yang dibuat dengan jujur ​​selalu menjadi valid, menyiratkan bahwa penambang yang kuat (mungkin bermusuhan) tidak dapat menerima bagian hadiah yang terlalu tinggi. Ini membuatnya lebih mudah untuk membuktikan bahwa protokol tersebut kompatibel dengan insentif.
  • Protokol Spacemesh sangat kuat. Seperti PoW dan tidak seperti PoStake, Spacemesh dapat menyembuhkan diri sendiri dari pelanggaran sewenang-wenang terhadap asumsi keamanan kami — bahkan jika sistem terus-menerus diserang dari musuh yang mengendalikan sebagian kecil sumber daya ruangwaktu secara konstan. Artinya, pihak yang jujur ​​akan mencapai konsensus dari kondisi awal apa pun, setelah asumsi keamanan terpenuhi lagi. Kami percaya ini adalah ukuran penting dari kekokohan protokol yang sebagian besar telah diabaikan oleh pekerjaan sebelumnya.
  • Kami juga membuktikan bahwa protokol Spacemesh aman selama musuh mengontrol kurang dari 1/3 fraksi sumber daya ruangwaktu dalam sistem, dan di bawah asumsi sinkronisasi jaringan yang wajar (khususnya, kami berasumsi bahwa setiap pesan yang dilihat oleh pihak yang jujur ​​pada waktu t akan terlihat oleh Semua pihak yang jujur ​​pada waktu t+δ, di mana waktu diukur dalam “putaran”; untuk konkret, orang dapat menganggap sebagai 30 detik, tetapi jumlah pastinya tergantung pada latensi jaringan yang diukur secara empiris. Jika asumsinya adalah sementara dilanggar (yaitu, jaringan tidak sinkron atau penambang jujur ​​mengontrol kurang dari 2/3 fraksi ruangwaktu), maka protokol Spacemesh akan sembuh sendiri ketika asumsi ini berlaku lagi: setelah periode penyembuhan diri (yang panjangnya tergantung pada durasi dan tingkat keparahan pelanggaran), penambang yang jujur ​​dijamin memiliki konsensus sepanjang sejarah.Kami memberikan bukti keamanan yang ketat dari jaminan penyembuhan diri Spacemesh.

Pencapaian Teoritis Protokol Spacemesh:

  1. Keadilan
    Protokol Spacemesh Lebih Adil untuk penambang yang lebih kecil (baca: mereka yang menambang dari rumah). Penambang dibayar bagian yang adil dari hadiah yang dikumpulkan setiap EPOCH (~2 minggu) hanya berdasarkan ukuran komitmen penyimpanan mereka. Oleh karena itu, penambang yang kuat (bahkan bermusuhan) tidak dapat menerima proporsi hadiah yang tinggi secara tidak proporsional.
  2. Tanpa izin
    Hambatan Masuk yang jauh lebih rendah dibandingkan dengan cryptocurrency tanpa izin yang ada: untuk bergabung dengan jaringan sebagai penambang, yang dibutuhkan hanyalah PC dengan ruang drive gratis dan Internet yang andal. Tidak perlu peralatan pertambangan tujuan khusus dan penggunaan daya yang berkelanjutan rendah (karenanya, tidak ada tagihan listrik yang besar). Selain itu, tidak perlu setoran, rekening bank, atau kartu kredit.
  3. Desentralisasi
    Secara kritis, biaya terbatas yang rendah untuk pengguna rumahan (dengan ruang disk yang tidak terpakai yang cukup), dikombinasikan dengan properti race-freeness (yang memastikan imbalan sebanding dengan sumber daya ruang-waktu yang disumbangkan) mendorong penambang kecil untuk bergabung, yang mengarah ke “ekor panjang” dari penambang kecil yang tidak mungkin dihargai.
  4. Varians Rendah/Prediktabilitas Hadiah
    Harga koin raksasa dengan probabilitas rendah dalam sistem pemenang-mengambil-semua seperti BTC atau CHIA memicu sirkuit perjudian di otak Anda dan pertanyaan, “bagaimana jika HDD berikutnya yang saya beli membuat saya menang $3000?” di belakang pikiran Anda. Hal ini menyebabkan gerombolan orang membuat perjudian bodoh, membeli peternakan besar HDD dan perlahan-lahan menyadari betapa buruk kemungkinannya karena semua orang seperti mereka memiliki ide cepat kaya yang sama. Sebaliknya, dengan Spacemesh, hadiah yang Anda dapatkan pada Hari 1 mungkin akan sangat kecil (dengan asumsi baik setelah genesis), tetapi Anda dapat memperkirakan dengan lebih andal berapa penghasilan Anda dari waktu ke waktu, dan tidak ada kemungkinan gajian besar untuk memicu perjudian Anda. insting/tinggi.

Fitur baru Spacemesh lainnya (fitur teknis yang kami banggakan):

1.roof-of-Space-Time dilakukan dengan benar untuk pertama kalinya: penambang mengisi disk mereka sekali dan selamanya, pengalaman penambangan low-key yang menyenangkan

2.Platform kontrak pintar tahan masa depan yang sangat ekspresif (template buatan pengguna, abstraksi akun, skema nonce fleksibel, dll.)

3. Jaminan kuat untuk akses tanpa izin dan ketahanan sensor (dimasukkan secara mendalam ke dalam desain konsensus kami)

4. Ketahanan bawaan terhadap kinerja awal dan rasa MEV lainnya (berkat mekanisme proposal yang diacak dan konstruksi blok terpadu)

5. Skalabilitas melalui decoupling eksekusi konsensus

Saat saya berusia 50 tahun dan melihat kembali anak ketakutan saya dulu, saya selamanya berterima kasih kepada Satoshi Nakamoto (orang atau kelompok) atas warisannya, bersyukur atas pengalaman transformatif yang diberikan oleh Industri Cryptocurrency.

Di atas segalanya, terima kasih untuk Anda komunitas Spacemesh yang terkasih, atas Kepercayaan, Komitmen, Sukacita, dan Kreativitas yang telah Anda tunjukkan kepada kami, selama masa penantian yang panjang ini, mengejar bersama, perlahan, estetika yang sama untuk masa depan.

Tonggak Utama:

  • Spacemesh v1.0 Fitur Lengkap (hanya akun dompet single-sig dan muli-sig)-7 September
  • Pengujian Selesai, Pembekuan Kode v1.0–24 November
  • Kampanye Open Source dan Bug Bounty — Selama November.
  • Mainet Launch (v1.0)- Dec. 5–12
  • Mainnet upgrade to v2.0 full smart contracts support — Q3 2023

Harapkan komunitas Spacemesh untuk ‘lebih mengurangi hambatan untuk masuk dan membuatnya semudah mungkin bagi lebih banyak demografi untuk bergabung dengan revolusi crypto’ jauh di masa depan

--

--

FMR
spacemesh

Crypto research | bounty Hunter | Beta tester